Inilah Efek Samping Dexamethasone Bagi Tubuh

Sunday, March 22nd, 2015 - Kumpulan Efek Samping
efek samping dexamethasone

efek samping dexamethasone

Inilah Efek Samping Dexamethasone Bagi Tubuh – Dexamethasone adalah obat yang diberikan kepada penderita alergi umumnya seperti penderita sesak napas, eksim, urticaria, dan berbagai apenyakit lainnya. obat ini juga bekerja untuk mencegah pelepasan zat-zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Tidak hanya itu jenis obat ini juga sering digunakan untuk mengobati penyakit lupus, inflamasi usus dan kanker. Dan penderita kemoterapi juga sering diberi oleh dokter obat ini untuk mengatasi rasa mual dan muntah. Banyak sekali manfaat obat ini. Lalu bagaimana dengan efek samping dexamethasone?

Penggunaan obat ini tentu harus dengan resep dokter tidak bisa sembarangan menggunakannya, karena obat ini juga sangat terbatas. Jika anda pernah atau sedang mengkonsumsi obat ini anda perlu mengetahui manfaat dan efek samping yang terkandung dalam dexamethasone. Teruskan membaca artikel di bawah ini.

Dexamethasone

Dexamethasone tersedia dalam berbagai bentuk. Ada yang tablet, cair, infus  dan juga tersedia dalam bentuk suntik bagi mereka yang memerlukan penanganan cepat. Dalam mengkonsumsi jenis obat yang satu ini anda harus berhati-hati. Jangan sampai anda terkena efek samping dari dexamethasone.

Dosis Dexamethasone

Dosis ynag diberikan biasanya berdasarkan gejala yang ditangani. Namun biasanya dokter hanya memberikan 0,75-9 mg per hari. dosis yang diberikan juga akan disesuaikan dengan tingkat dan reaksi tubuh akan obat ini. untuk anak-anak juga biasanya dokter memerlukan riwayat kesehatan dan pengecekan kondisi tubuh anak.

Konsumsi dengan benar

Sebelum memberi obat, biasanya dokter memberikan informasi mengenai obat yang akan diberikannya terlebih dahulu dan pasien pun dipersilahkan untuk bertanya. Namun biasanya pasien malu untuk bertanya, maka dari itu. Jika anda malu untuk bertanya anda harus membaca terlebih informasi yang tertera pada kemasan serta berapa kali anda harus meminumnya. Dosis yang diberikan pada anda harus anda konsumsi sesuai dosis. Biasanya juga obat ini dikonsumsi setelah anda telah mengisi perut anda sebelumnya dengan makanan. Namun  bagaiaman jika anda kelupaan dalam mengkonsumsi obat ini? yang pasti jangan langsung sekali minum dua kaplet sekaligus. Karena mungkin efeknya akan sangat berbahaya. Anda harus mengkonsultasikan kecerebohan anda tadi dengan dokter anda.

Manfaat dexamethasone

Obat ini tentu mempunyai manfaat, jika tidak memiliki manfaat tidak mungkin digunakan sebagai resep. Berikut manfaat obat ini :

  1. Mengatasi alergi
  2. Mengobatasi inflamasi atau peradangan
  3. Meredakan pembengkakan pada otak
  4. Mengatasi edema makula
  5. Mengatasi mual dan muntah akibat kemoterapi
  6. Untuk mendiaknosis penyakit Chusing
  7. Mengatasi hioperplasia adrenal kongetinal

Peringatan

  1. Pastikan anda boleh mengkonsumsi dengan menceritakan riwayat penyakit anda.
  2. Bicarakan dnegan dokter jika anda sedang hamil atau menyusui jika ingin mengkonsumsi obat jenis ini
  3. Jika anda baru menerima vaksin segera beri tahu dokter
  4. Pengguna dexamethasone biasanya dilarang untuk berdekatan dengan penderita penyakit menular karena sistem tubuh akan melemah saat mengkonsumsi obat steroid. Jadi beri tahu dokter jika anda habis berdekatan dengan penderita penyakit menular
  5. Jangan menghentikan pengobatan secara tiba-tiba
  6. Temui dokter bila terjadi alergi

Efek Samping Dexamethasone

Setiap obat tentu memiliki efek samping, begitu juga dexamethasone. Namun setiap orang berbeda efek samping yang diterima tergantung penyesuaian diri tubuh terhadap obat. Berikut efek sampingnya :

  1. Badan terasa lemas
  2. Sulit tidur
  3. Sakit kepala
  4. Vertigo
  5. Keringat berlebih
  6. Jerawat
  7. Kult kering dan menipis
  8. Pertumbuhan rambut tidak biasa
  9. Mudah ahus
  10. Sering buang air kecil
  11. Nyeri otot
  12. Nyeri pada sendi
  13. Rentan infeksi

Daftar diatas adalah efek samping dexamethasone. Jadi anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini. karena obat ini sepertinya obat keras yang tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Konsultasikan dulu kepada dokter anda jika anda akan mengkonsumsi obat ini.

Sekian artikel yang membahas mengenai dampak negatif mengkonsumsi dexamethasone yang harus anda ketahui. Jangan beranggapan jika anda mengkonsumsi obat ini dengan dosis dua kali lipat dari dosis yang diberikan dokter anda akan lebih cepat sembuh juga dua kali lipat. Ini salah.

 

 

Artikel Ini Tentang:

Dextametasol, Efek samping dexamethason, Efek samping dexamethasone, efek samping minum obat dexamethasone, efek samping obat dexamethasone dan ennamax, epek samping piil harsen, extamitasol, manfaat dan efek dexamethasone
Inilah Efek Samping Dexamethasone Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5