Inilah Efek Samping Ibuprofen Bagi Tubuh

Tuesday, June 25th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping ibuprofen

efek samping ibuprofen

Inilah Efek Samping Ibuprofen Bagi TubuhIbuprofen merupakan salah satu obat anti-inflamasi non-steroid yang mudah sekali kita temui di apotik-apotik. Walaupun obat ini dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit, namun alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya sebab kita tidak pernah tahu bagaimana efek samping ibuprofen ini sendiri.

Penggunaan obat ini sebaiknya dari pengarahan dokter, memang dokter akan memberikan resep dokter ini kepada pasiennya untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti demam, sakit kepala, sakit gigi dan beberapa penyakit lainnya. Dokter percaya bahwa obat ini mampu menghambat enzim di dalam tubuh yang membuat tubuh merasa sakit. Jadi, dengan memberikan obat ini dapat meringankan gejala sakit tersebut.

Di pasaran kita dapat menemui ibuprofen dengan bentuk advil, midol dan motrin, obat ini tersedia dengan berbagai bentuk seperti tablet, cairan dan tablet kunyah. Menurut takarannya orang dewasa dibolehkan mengonsumsi obat ini empat jam atau enam jam namun harus di bawah pengawasan dokter. Sedangkan anak-anak tidak boleh lebih dari empat dosis dalam 24 jam.

Manfaat ibuprofen memang dapat mengatasi berbagai rasa nyeri di dalam tubuh, namun penggunaan dalam dosis besar dan tanpa pengawasan dokter akan membahayakan tubuh anda.

Efek Samping Ibuprofen yang Harus Anda Ketahui

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa manfaat obat ini baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit, namun ternyata banyak orang yang tidak mengetahui efek samping ibuprofen itu sendiri.

  1. Tidak baik untuk ibu hamil

Ibu hamil apalagi di tahap akhir kehamilan sangat tidak dianjurkan mengonsumsi ibubprofen sebab beresiko mengalami gangguan perdarahan, sakit maag dan penyakit ginjal.

  1. Alergi

Beberapa orang tidak sadar bahwa dirinya akan mengalami alergi atau asma setelah mengonsumsi ibuprofen. Adapun gejala lainnya ialah pembengkakan wajah atau tangan, sesak dan sulit bernafas.

  1. Efek samping lainnya

Efek samping lainnya ialah dapat membuat tubuh mengalami diare, sembelit dan sakit perut. Bahkan ada efek samping seperti telinga terasa berdengung. Menurut penelitian mengatakan bahwa efek dari ibuprofen sedikit lebih kuat dari aspirin yang dapat mengatasi sakit gigi, kram perut akibat menstruasi. Aspirin bahkan banyak digunakan untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung atau stroke.

Apabila anda mengonsumsi ibuprofen dan mengalami reaksi seperti di atas, maka sebaiknya stop penggunaan. Apabila anda masih memaksakan meminum obat ini maka resiko yang lebih besar akan mengintai anda seperti resiko terserang penyakit jantung atau stroke terutama untuk mereka yang memiliki penyakit jantung tidak dapat dielakkan lagi.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter agar efek samping ibuprofen tidak membahayakan tubuh anda, sebab ibuprofen bekerja untuk menghambat enzim yang dapat menimbulkan rasa sakit namun enzim ini dapat melindungi lapisan saluran usus.

 

 

Inilah Efek Samping Ibuprofen Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5