Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Monday, July 8th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Inilah Efek Samping KB Suntik 3 BulanKB suntik hingga kini masih menjadi andalan oleh banyak wanita, baik yang Kb suntik 1 bulan ataupun yang 3 bulan sebab memang lebih praktis dibandingkan harus mengonsumsi pil KB yang seringkali lupa dilakukan secara rutin dan tepat waktu. Cara kerjanya dengan menyuntikkan hormon progestin lewat bagian tubuh tertentu biasanya paha, bokong atau lengan atas.

Hormon tersebut kemudian bekerja mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur wanita menuju rahim sekaligus mengentalkan lendir rahim jadi sperma pun akan sulit bergerak untuk membuahi.

Hal menarik lainnya yakni KB suntik dapat diandalkan mencegah kehamilan hingga 99%, meski begitu sebenarnya disamping kelebihan ada juga efek samping KB suntik 3 bulan yang dialami hampir seluruh penggunanya.

Berikut efek samping KB suntik 3 bulan untuk anda ketahui agar menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya :

  1. Setelah suntik KB ini dihentikan, maka hormon pada tubuh ibu perlu menyesuaikan diri lagi sehingga efek samping lainnya mungkin masih terasa.
    Efek lain yang sebelumnya menjadi tujuan memakai KB suntik ini yakni agar tidak hamil juga akan terasa bahkan hingga satu tahun kemudian, jadi KB suntik ini tak dianjurkan untuk anda yang ingin cepat kembali subur untuk memiliki keturunan.
  2. Hal lain yang akan dirasakan pemakai KB suntik ini yakni gangguan pada siklus haid mereka yang tadinya normal menjadi memanjang atau memendek dan bahkan tidak menstruasi sama sekali, demikian juga dengan darah haid yang keluar bisa semakin sedikit atau malah sangat banyak.
  3. Mudah gemuk, efek samping KB suntik 3 bulan inilah yang biasanya paling menjadi momok bagi kaum ibu. Hal ini memang dapat terjadi karena hormon yang disuntikkan memicu lapar pada hipotalamus sehingga tak heran ibu menjadi banyak makan dan berat badan pun meningkat. Bila ini terjadi konsultasikanlah pada dokter kandungan atau bidan anda untuk beralih pada alat kontrasepsi yang non hormonal.
  4. Pada penggunaan jangka panjangnya, bisa mengganggu kepadatan tulang (densitas) meskipun nantinya dapat kembali normal ketika injeksi dihentikan.
  5. Bila digunakan dalam jangka panjang efek samping KB suntik 3 bulan disinyalir akan menurunkan gairah seksual (libido), sakit kepala, munculnya jerawat, bahkan pengeringan organ kewanitaan.
  6. Meski tergolong efektif mencegah kehamilan, namun KB jenis ini tak dapat memberikan perlindungan kepada anda terhadap penyakit menular seksual sehingga penggunaan kondom ketika berhubungan tetap diperlukan.

Nah itulah beberapa efek samping KB suntik 3 bulan ,  Semoga bermanfaat.

Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan | muhammad yamin | 4.5