Jangan Menghangatkan Makanan Ini Berulang kali!

Wednesday, May 15th, 2019 - Artikel Kesehatan

Efek Samping – Ayoo siapa yang suka menghangatkan Makanan untuk dikonsumsi lagi dengan alasan merasa sayang jika harus dibuang, hemat waktu dan supaya praktislah. Apalagi untuk sahur dibulan puasa ini, banyak orang yang memilih menghangatkan makanan sisa buka dibanding masak lagi. Padahal ternyata tidak semua makanan bisa dihangatkan kembali loh, malah bisa membahayakan tubuh, dari mulai menyebabkan sakit perut hingga racun karsinogen yang bisa memicu sel kanker.

menghangatkan makanan

Makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali

Makanan Yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali

  • Telur

Telur yang sudah diolah dengan cara apapun tidak sebaiknya dipanaskan kembali atau dibiarkan terlalu lama disuhu ruangan. Karena dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

  • Makanan Bersantan

Makanan bersantan bila dipanaskan kembali, lemak baik yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol di tubuh kamu.

  • Nasi

Nah Hati-hati loh bagi kamu yang suka menghangatkan nasi kembali, kamu bisa mengalami keracunan makanan. Nasi yang dibiarkan mendingin terlalu lama dan tidak disimpan dengan benar bisa menjadi ladang tumbuhnya bakteri yang disebut Bacillus cereus yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah-muntah. Panas membunuh bakteri ini, tetapi dapat menghasilkan spora yang beracun. Setelah nasi dipanaskan setiap spora yang dikandungnya dapat berlipat ganda. Jadi, masak nasi dari mulai sekarang secukupnya saja yah, biar bisa habis disaat itu juga.

  • Bayam

Bayam yang sudah dibiarkan terlalu lama (lebih dari 5 jam) pun lebih baik dihindari karena kandungan zat nitrat dalam bayam sudah tercampur oksigen dan berubah menjadi nitrit yang merupakan senyawa beracun bagi tubuh. Efek nitrit pada tubuh akan membuat sel darah merah tidak dapat mengikat oksigen yang bisa mengarah ke kondisi sianosis, yaitu keadaan di mana jaringan tubuh kamu akan kekurangan oksigen dan bisa berakibat fatal.

  • Jamur

Jika kamu menghangatkannya akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas. Dianjurkan untuk segera makan jamur setelah dimasak. Baiknya, jamur tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi pada hari berikutnya karena merupakan sumber protein dan memiliki jumlah mineral banyak. Nah, dengan menghangatkannya kembali kamu akan mengubah komposisi protein di dalamnya yang bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Nah, itu dia beberapa makanan yang sebaiknya tidak boleh dihangatkan kembali, semoga bermanfaat…baca artikel yang lainnya yaah,,,

Jangan Menghangatkan Makanan Ini Berulang kali! | Nopi | 4.5