Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin D

Thursday, February 18th, 2016 - Artikel Kesehatan, Obat Herbal, Tips Sehat
Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin D

Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin D

Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin DKebutuhan tubuh akan vitamin D sebenarnya dapat anda dapatkan dari sinar matahari. Untuk mendapatkan vitamin D banyak, anda dapat berjemur pagi hingga jam 10, setelah jam 10 sinar matahari akan membuat kulit anda menjadi hitam. Bagi anda yang kerja dikantoran, untuk mendapatkan Vitamin D anda dapat mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin d, berikut beberapa di antaranya :

 

  • Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan merupakan makanan yang menjadi SUMBER VITAMIN D terbesar yakni 10.000 IU / 100 g. Di dalam minyak hati ikan ini banyak sekali terkandung nutrisi yang baik untuk tubuh.Minyak ikan ini dapat anda beli diapotek, dan minyak ini dikemas dalam bentuk kapsul. Karena jika dalam bentuk cair akan menimbulkan bau amis.

  • Ikan Salmon

Yang menjadi makanan kaya akan vitamin D selanjutnya adalah ikan salmon yakni 1400 IU/ 100 g. Ikan ini biasa ditemukan diSamudra Atlantik. Untuk Indonesia, ikan salmon merupakan ikan impor, untuk mendapatkannya anda dapat beli disupermarket.

  • Tuna Kaleng

Tuna kaleng juga kaya akan vitamin D yakni dengan jumlah 880 IU/ 85 g. Tuna sendiri mudah ditemukan di Indonesia karena banyak sekali tuna diperairan Indonesia. Biasanya tuna ini dikemas dalam kaleng dan anda perlu menghangatkannya saja.

  • Ikan Haring

Bukan hanya ikan tuna saja yang menjadi SUMBER VITAMIN D, ikan haring juga sumber vitamin D dengan jumlah 215 IU / 100 g. Sama dengan ikan salmon, ikan haring juga merupakan ikan impor sehingga susah untuk menemukannya di Indonesia. Untuk mendapatkannya anda dapat membeli disupermarket.

  • Ikan Sarden

Ikan sarden juga kaya akan vitamin D yakni dengan jumlah 190 IU / 100 g. Di Indonesia ikan yang paling banyak ditemukan adalah ikan sarden ini. Biasanya ikan sarden ini dikemas dalam bentuk kalengan yang bisa anda temukan di supermarket.

  • Susu

Susu juga menjadi SUMBER VITAMIN D dengan jumlah kandungan 98,7 IU/ 175 g. Susu ini merupakan minuman umum yang memiliki banyak penggemar.

 

  • Ikan kod,

Bukan hanya minyak hatinya saja yang mengandung banyak vitamin D namun juga ikannya.Jumlah kandungannya adalah 48 IU /100 g.

  • Jamur Shitake

Yang menjadi sumber vitamin d berikutnya adalah jamur Shitake dengan jumlah kandungan 20,8IU/100 g. Jamur ini merupakan jamur yang berasal dari jepang.

  • Keju Cheddar

Untuk sumber vitamin D terakhir adalah keju cheddar dengan jumlah 16 UI/ 100 g.

Demikian artikel kami tentang sumber vitamin D Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat.

Terimakasih.

Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin D | muhammad yamin | 4.5