Kenali Bahaya Kuku Panjang Untuk Kesehatan

Wednesday, May 15th, 2019 - Artikel Kesehatan

Bahaya Kuku Panjang Untuk Kesehatan – Dari sejak dulu, orang tua selalu memberi tahu agar selalu merapikan saat kuku kita terlihat panjang. Tapi sekarang justru sebaliknya, bahkan sekarang memiliki kuku panjang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Banyak yang merasa jika memiliki kuku panjang akan terlihat lebih cantik. Mungkin sebagian dari mereka tidak tahu bahwa kuku panjang juga memiliki bahayanya.

Berikut adalah beberapa bahaya memanjangkan kuku bagi kesehatan:

  1. Risiko terkena gangguan pencernaan

Kuku panjang  merupakan salah satu sarang kuman dan bakteri. Ketika tidak mencuci tangan sebelum makan, maka resiko terkena penyakit gangguan pencernaan semakin besar. Seperti diare, sakit perut atau bahkan keracunan makanan akan meningkat karena kuman, bakteri, kotoran atau juga jamur yang ada dibalik kuku bisa masuk kedalam mulut kita.

  1. Berisiko terluka

Saat menggaruk atau memakai riasan, mungkin saja secara tidak sengaja kita akan terluka oleh kuku kita sendiri. Biasanya hal ini terjadi pada siapapun dan tanpa memandang usia.

  1. Rentan terkena infeksi

Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa memakai kuku artifisial atau kuku palsu bisa menyebabkan infeksi, apalagi jika digunakan terlalu lama.

  1. Kuku mudah patah

Saat kuku kita panajang, kita akan kesulitan saat ingin memegang atau mengangkat suatu barang karena khawatir kuku akan lebih mudah patah. Jika sampai hal ini terjadi, bisa jadi akan muncul perdarahan yang tentu akan menyakitkan.

Tips Memanjangkan Kuku dari Pakar Kesehatan

Memanjangkan kuku memang boleh saja, tapi harus dengan cara yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika memang kita sedang ingin memanjangkan kuku, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu membersihkan tangan dengan bersih sebelum makan. Pastikan untuk mencucinya dengan sabun hingga ke sela-sela jari atau bagian bawah kuku. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak menggigit kuku karena hal ini bisa membuat kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Jika kita ingin menjaga kesehatan kuku, sebaiknya kita rutin mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, kita juga sebaiknya mencukupi kebutuhan air putih demi menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini akan berpengaruh besar bagi kesehatan kuku.

Demikianlah ulasan tentang bahaya kuku panjang untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat.

Kenali Bahaya Kuku Panjang Untuk Kesehatan | Sulis | 4.5