Manfaat Bangle atau Panglay untuk Kesehatan

Thursday, June 20th, 2019 - Obat Herbal

Manfaat Bangle atau Panglay untuk Kesehatan-Bangle atau panglay merupakan tanaman rempaj yang sering kita temukan disekitar kita. Tanaman bangle (Zingiber Purpureum ) tersebar dari daerah asia tropika dari India sampai wilayah Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Myanmar, laos dan kamboja. Tanaman ini memiliki bunga yang berbentuk  seperti bonggol tanaman jagung berwarna hijau kemerahan dengan daun memanjang dan lancip berwarna hijau. Fungsi dan kegunaan tanaman bangle  bagi masyarakat Indonesia digunakan untuk bumbu dapur. Rimpang tanaman bangle berbau khas aromatik, rasanya agak pahit dan pedas. Namun yang jarang diketahui ternyata tnaman bangle mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

efeksamping.com

Kandungan senyawa Bangle

Menurut salah satu sumber, panglay atau bangle kaya akan asam organik, lemak, mineral, albuminoid, tannin dan sineol yang menyebabkan bau khas aromatik. Zat-zat tersebut dapat berguna sebagai penurun panas (antipiretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak (expectorant), pembersih darah, pencahar (laksan), pembasmi cacing, dan antiicteric bagi penderita hepatitis.

Khasiat tanaman Bangle :

  1. Bangle atau panglay obat masuk angin

Cuci bersih dan kemudian parut rimpang panglay. Hasil parutan disaring lalu campur sedikit air dan satu sendok makan madu sebelum diminum. Dosisnya 2x pagi dan sore hari.

  1. Bangle atau panglay obat sakit kuning

Parut rimpang panglay sebanyak ½ jari, saring lalu campurkan sedikit air dan satu sendok makan madu. Dosis minumnya antara 2-3x sehari sampai sembuh

  1. Bangle atau panglay obat cacingan

Iris atau tumbuk halus rimpang panglay lalu rebus bersama dengan  temu hitam, ketumbar dan tangkai daun sirih. Setelah dingin, air rebusannya saring dan diminum

  1. Bangle atau panglay obat sakit kepala

Rimpang panglay secukupnya dicuci bersih dan parut. Hasil parutan campur air agar menjadi adonan seperti bubur lalu temple pada dahi.

  1. Bangle atau panglay obat kegemukan

Terdapat beberapa macam cara mengatasi kegemukan menggunakan panglay, yaitu :

  • Merebus rimpang panglay dan beberapa lembar daun jati dalam 1,5 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian, saring air rebusan untuk diminum pada pagi dan sore hari.
  • Memarut rimpang panglay secukupnya lalu balurkan pada bagian perut
  • Mencuci dan memarut rimpang panglay seukuran ½ jari. Air hasil parutan campur dengan temu hitam, satu sendok makan air jeruk nipis dan dua sendok makan madu untuk diminum 2-3x sehari.
  1. Bangle atau panglay obat masuk angina pada balita

Masuk angina pada balita dapat diatasi dengan menumbuk panglay lalu campur dengan sedikit air dan balurkan pada bagian perut hingga kaki bayi.

  1. Bangle atau panglay obat lemah jantung

Lemah jantung dapat diobati dengan memarut panglay lalu hasil parutannya rebus dengan air dan diminum secara teratur setiap sore hari

Manfaat Bangle atau Panglay untuk Kesehatan | Resti | 4.5