Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan

Monday, May 20th, 2019 - Artikel Kesehatan

Khasiat belimbing wuluh

Belimbing wuluh biasa disebut sebagai belimbing sayur. Belimbing wuluh bisa di konsumsi secara langsung atau dengan cara dimasak, dan dijadikan campuran menu olahan sayur. Selain menjadi bahan masak, belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai campuran obat herbal. Belimbing wuluh sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat belimbing euluh :

  1. Mengontrol diabetes

Belimbing wuluh bisa menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa membuat jus belimbing wuluh kemudian langsung diminum. dan merebus belimbing wuluh dengan satu gelas air, kemudian hasil dari rebusan tersebut bisa kamu minum sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Mengurangi demam dan flu

Rebusan belimbing wuluh sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati demam dan flu. Selain buahnya, bunga dari belimbing wuluh juga bisa dijadikan infus untuk mengobati pilek dan batuk.

  1. Mengobati alergi

Alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hiversensitivitas pada system kekebalan tubuh. Alergi didapatkan dari makanan, obat-obatan, udara, dan logam.

Gejala saat orang mengalami alergi juga bermacam-macam, seperti gangguan mata merah, gangguan pernafasan, pilek, dan gatal pada kulit.

  1. Mengontrol tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah di arteri, belimbing wuluh digunakan sebagai obat untuk mengendalikan hipertensi.

Rebuslah belimbing wuluh dengan 3 gelas air hingga mendidih, tiriskan air tersebut tunggu hingga dingin baru bisa diminum. konsumsi minuman ini di setiap pagi hari.

  1. Meringankan nyeri otot

Untuk meringankan nyeri otot kamu bisa memanfaatkan daun belimbing wuluh ini. Caranya, tumbuk daun  belimbing wuluh ini hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri.

  1. Mengurangi jerawat

Asam oksalat dan vitamin A yang di temukan dalam belimbing wuluh bisa membantu mengurangi jerawat dan meredakan rasa sakit yang meradang akibat jerawat.

Caranya, buatlah buah belimbing wuluh ini menjadi masker wajah, lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus kemudian oleskan secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selama 30 menit atau sampai masker mongering lalu basuh wajah dengan air hangat.

  1. Mencerahkan wajah

Belimbing wuluh ini kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit lebih cerah, dan menjaga kulit hitam tetap kencang serta mengurangi flek hitam. Caranya dengan menjadikan belimbing wuluh sebagai masker wajah.

  1. Mengurangi gatal yang disebabkan gigitan serangga

Pasta atau adonan yang dibuat dari belimbing wuluh adalah obat kuno untuk gigitan serangga. Anda cukup mengaplikasikan hasil tumbukan daun belimbing wuluh pada titik gigitan serangga.

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan | Fitri | 4.5