Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Wednesday, May 15th, 2019 - Artikel Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkidu merupakan salah satu buah yang masih satu spesies dengan tanaman kopi. Buah mengkudu atau yang dikenal dengan nama buah pice ini memiliki penampilan fisik yang kurang menarik.

Kandungan yang terdapat Pada buah Mengkudu

Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.  Berikut ini berbagai macam zat yang ada dalam buah mengkudu :

  1. Zat Terpenoid – Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) – Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut ini berbagai macam bakteri yang bisa dibunuh menggunakan buah pace :
    1. Protens morganii.
    2. Staphylococcus aureus.
    3. Salmonella
    4. Pseudomonas aeruginosa.
    5. E coli.
    6. Bacillus subtilis.
    7. Shigella dusenteriae.
    8. S. pradysenteriae.
    9. S. typhi.
    10. Scotmuelleri.
  3. Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.
  4. Zat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
  5. Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace adalah buah yang memberikan nutrisi secara lengkap. Berikut ini berbagai macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu :
    • Protein.
    • Vitamin.
    • Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun pace.
    • Selenium. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi
    • Senyawa. Di dalam mengkudu juga terdapat berbagai macam senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium
  6. Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
  7. Xeronine dan Proxeronine.
  8. Zat bioaktif.
  9. Asam kapri.
  10. Asetil.
  11. Zat iridoid.
  12.  Serat.
  13.  Metil.
  14.  Morindone

Manfaat Buah Mengkudu

  1. Menurunkan Demam

Penelitian menyebutkan bahwa buah mengkuduu berkhasiat sebagai antivirus dan membantu menurunkan demam . Selain itu buah mengkudu juga bisa mengobati batuk dan badan pegal linu.

  1. Mengurangi resiko encok

Encok yang biasa diderita orangtua yang berusia lanjut ini adal jenis penyakit arthritis. Hanya bedanya encok disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah sehingga menurunkan risiko encok.

  1. Mengatasi arthritis

Berdasarkan penelitian di Jerman, khasiat mengkudu sebanding dengan tramadol. Tramadol termasuk obat keras yang biasa digunakan untuk mengobati rasa sakit sedang sampai berat.

Selain dibuat menjadi jusmengkudu daunnya pun dapat bermanfaat untuk area sendi yang sakit menggunakan daun mengkudu segar. Ternyata daunnya berkhasiat juga mengurangi rasa sakit akibat arthritis.

  1. Menurunkan Kolesterol

Penyakit ini disebabkan oleh tingginyan kadar kolesterol dalam tubuh.  Merokok juga bisa menyebabkan kadar kolesterol meninggi akibat penumpukan stres oksidatif dalam tubuh. dengan mengkonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar di dalam tubuh.

Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan kadar lipoprotein yaitu kolesterol baik serta mengurangi lowdensity lipoprotein (kolesterol jahat).

  1. Mengurangi stress

Stres dapat diakibatkan oleh kecemasan berlebihan terhadap suatu. Seperti keuangan maupun kesehatan anak ,anda dapat mengkonsumsi jus mengkudu untuk mengurangi stress.

Ternyata menurut Byron J. Richards, seorang ahli nutrisi klinis, jus mengkudu dapat mengatasi stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Supaya kekebalan tubuh baik dan tidak mudah sakit anda bisa memanfaatkan mengkudu sebagai suplemen  yang membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Mengkudu  memiliki kandungan scopoletin yang bersifat anri-bakteri, anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-histamin sehingga ,mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya . jika tidak ditangani dengan cepat maka dapat mengakibatkan kematian. Untuk mencegah kanker kita perlu asupan antioksidan yang memadai di dalam tubuh. Salah satu buah yang kaya antioksidan adalah mengkudu.

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu mengurangi risiko terkena penyakit kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh serta bersifat melawan tumor.

Efek samping Buah mengkudu

Buah mengkudu mungkin aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang disarankan. Akan tetapi ada kekhawatiran apabila mengkonsumsi buah mengkudu dalam jumlah yang tidak aman untuk pengobatan,

Peringatan untuk Orang yang Mengkonsumsi Mengkudu:

  1. Masalah ginjal Dalam kandungan buah mengkudu terdapat kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi orang-orang dengan penyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki masalah ginjal.
  2. Ibu hamil dan menyusui – Hindari mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil karena secara historis, buah mengkudu kerap digunakan untuk aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.
  3. Penyakit liver Buah mengkudu banyak dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari mengkonsumsi mengkudu,  jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.

Buah, daun, bunga, batang, kulit kayu bahkan akar mengkudu banyak digunakan sebagai media pengobatan herbal. Efektivitas buah mengkudu ini sebenarnya belum terbukti. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) telah mengeluarkan beberapa peringatan kepada produsen obat herbal dari mengkudu, yang mengklaim kesehatan yang tidak didukung oleh fakta. Sehingga kita sebagai konsumen, harus pintar-pintar memilih pengobatan yang memang benar-benar aman untuk si konsumsi.

 

 

 

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan | Elis | 4.5