Suka makan pedas?? Simak manfaat dan bahayanya untuk kesehatan

Monday, May 13th, 2019 - Artikel Kesehatan

manfaat dan bahaya makanan pedas untuk kesehatan- apakah kamu pecinta makanan pedas dan tidak bisa makan tanpa tambahan cabai atau saus sambal? Kabar baiknya adalah mengonsumsi cabai ternyata dapat memberi sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Namun, bagi kamu yang suka mengonsumsi makanan yang sangat pedas dengan jumlah cabai yang banyak, hati-hati, kamu bisa terkena dampak buruk berikut ini. Yuk, cari tahu apa manfaat dan bahaya makanan pedas untuk kesehatan di sini.

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cabai dan juga paprika merupakan dua makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Kedua macam vitamin tersebut termasuk zat antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang kuat berfungsi untuk dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

2. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihambat /dimatikan zat capsaicin dari cabai tanpa mengganggu sel-sel sehat di sekitarnya apabila kita secara teratur menkonsumsi makanan pedas.

3. Obat Flu dan Melancarkan Hidung Tersumbat

Gejala flu bisa dihilangkan oleh capsaicin yang efektif membantu membuka jalan pernafasan, mengurangi sinusitis dan gejala-gejala flu lainnya. Capsaicin juga bisa membantu meningkatkan pengeluaran keringat yang secara tidak langsung mempercepat pengeluaran zat-zat beracun lainnya dalam tubuh

4. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat tersembunyi lainnya yang unik dari makanan pedas adalah dapat melancarkan pencernaan setelah tubuh Anda mengkonsumsi makanan berlemak, misalnya seperti daging merah.

5. Melancarkan peredaran darah

Cabai selama bertahun-tahun diyakini bisa melkancarkan sirkulasi darah dalam tubuh hingga tubuh akan cepat mengganti sel-sel yang rusak.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas

Namun, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi cabai terlalu banyak atau makan makanan yang sangat pedas, karena kamu akan mengalami dampak buruk berikut ini:

  • Maag

Mengonsumsi makanan yang sangat pedas dengan jumlah cabai yang banyak bisa membuat lambungmu mengalami iritasi atau peradangan. Kondisi tersebut biasa dikenal juga dengan penyakit maag. Tidak hanya akan membuatmu sakit perut, tapi kamu juga bisa diare dan sakit kepala karena penyakit lambung ini.

  • Membuat Asam Lambung Naik

Tingkat kepedasan yang tinggi dari mengonsumsi terlalu banyak cabai akan membahayakan kesehatan terutama untuk lambung. Jika kamu memiliki penyakit asam lambung, makanan yang terlalu pedas dapat memicu naiknya asam lambung, sehingga menyebabkan tenggorokan terasa panas. Jika asam lambung meningkat, maka dinding lambungmu pun bisa teriritasi dan rusak.

  • Menyebabkan Iritasi Usus

Jika kamu memiliki usus yang sensitif, maka sensasi panas dari makanan yang sangat pedas yang kamu konsumsi dapat memicu terjadinya iritasi usus.

 

 

Suka makan pedas?? Simak manfaat dan bahayanya untuk kesehatan | Resti | 4.5