Manfaat Dan Efek Samping Cuci Darah

Tuesday, September 22nd, 2015 - Kumpulan Efek Samping
efek samping cuci darah

efek samping cuci darah

Manfaat dan efek samping cuci darah – Ginjal adalah sepasang organ yang ada di dalam tubuh berfungsi di dalam metabolisme racun yang terdapat di dalam darah dan mengeluarkannya dengan urine. Selain itu, ginjal juga bertugas sebagai absorpis atau penyerapan zat dan mineral di dalam tubuh. Masalah kesehatan yang menyerang ginjal disebut dengan gagal ginjal.

Gangguan ginjal atau gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Untuk gagal ginjal yang telah tahap akhir maka pengobatan dengan cuci darah adalah salah satu solusi yang tepat. Setiap pasien yang sudah mengalami cuci darah maka dapat memberhentikan proses ini tergantung dari derajat keparahan penyakit ginjal tersebut. Apabila terlambat cuci darah makan akan beresiko menimbulkan berbagai macam gejala yang seharusnya terbuang melalui cuci darah. Lantas apa sih efek samping cuci darah ini?

Manfaat Dan Efek Samping Cuci Darah

Cuci darah memang bermanfaat bagi penderita gagal ginjal namun apabila cuci darah ini dilakukan secara terus-menerus tentu juga tidak baik untuk kesehatan. oleh karena itu, sebaiknya anda baca dulu manfaat dan efek samping cuci darah berikut ini.

Sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Walaupun sebenarnya cuci darah bukan hanya diperuntukkan bagi penyakit gagal ginjal saja namun penyakit darah tinggi, diabetes dan lain-lain.

Ada beberapa pasien yang disarankan untuk menjalankan cuci darah yang disebabkan adanya kerusakan pada ginjal yaitu:

  • Susah buang air kecil
  • Perut membuncit
  • Sering mual dan muntah

Orang yang divonis cuci darah oleh dokter sebaiknya harus selalu menjaga pola makan dan kondisi tubuh. Cuci darah memang dianjurkan bagi pengobatan medis namun efek samping cuci darah ini juga harus anda ketahui. banyak orang yang mengatakan bahwa cuci darah dapat memperpanjang usia akan tetapi banyak juga yang tidak bertahan lama, buktinya hanya segelinitr orang yang dapat bertaham sampai 10 tahun.

Bagi penderita yang mengalami proses pencucian darah sangat dilarang mengonsumsi makanan kacang-kacangan, makanan bersantan, buahan yang banyak mengandung air dan minuman bersoda. Semua makanan ini jika dikonsumsi maka akan semakin membuat penderita sesak nafas. Makanan yang direkomendasikan bagi penderita yang menjalani cuci darah adalah mengonsumsi putih telur, minum susu khusus cuci darah, sosis, buah merah dan propolis (air lebah)

Selalu jagalah kesehatan anda sedini mungkin dari beberapa penyakit berbahaya yang mematikan. Memiliki uang saja tidak cukup untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Misalnya ketika anda mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk melakukan cuci darah namun belum tentu hal ini sepenuhnya membantu karena adanya manfaat dan efek samping cuci darah yang sebaiknya harus anda ketahui. Efek sampingnya untuk jangka panjang cukup berbahaya dan banyak penderita yang tidak terselamatkan.

Artikel Ini Tentang:

efek samping dari cuci darah
Manfaat Dan Efek Samping Cuci Darah | muhammad yamin | 4.5