Kenali Manfaat dan Efek samping daun Pegagan

Friday, June 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Manfaat dan efek samping daun pegagan- Centella asiatica  alias gotu kola atau yang lebih dikenal dengan nama daun pegagan adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di Negara Tiongkok, Indonesia, Jepang dan India. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda atau antanan. Tumbuhan ini juga merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah.

Kandungan daun pegagan

Pegagan yang dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid. Meso-inositol, centelloside, caretonoids, hydrocotylin, vellarine, tannin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Manfaat pegagan untuk kesehatan

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat pegagan yang satu ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Secara tradisional pegagan telah lama digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid berperan untuk mempercepat penyenbuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan dan suplai darah ke area luka.

  1. Melancarkan aliran darah

Tanaman pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan infusiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabakan darah menggenang di kaki.

  1. Menyamarkan stretch marks

Senyawa terpenoid yang terkandung dalam daun pegagan membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

  1. Membantu mengobati penyakit Alzheimer

Centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf. Peningkatan kedua fungsi itu memiliki potensi dalam membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

  1. Menghilangkan jerawat

Kandungan Asam Asiatic dan asam madecassis yang terdapat pada daun pegagan, kerusakan pada bakteri penyebab jerawat dapat dicegah dan sekaligus mengobati jerawat yang membandel pada wajah.

 Efek samping daun pegagan

Beberapa orang melaporkan timbulnya rasa gatal pada kulit atau terbakar dari krim daun pegagan, atau tekanan darah rendah, sakit kepala, mual, pusing dan kantuk dengan teh atau ramuan daun pegagan yang terlalu banyak.

 

 

 

Artikel Ini Tentang:

EFEK SAMPING TEH PEGAGAN, epek samping daun antanan, gambar daun pegagan
Kenali Manfaat dan Efek samping daun Pegagan | Resti | 4.5