Manfaat dan efek samping yang dapat timbul karena daun kemangi

Tuesday, May 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Manfaat dan efek samping daun kemangi- Kemangi adalah tanaman kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalapan. Daun tanaman kecil ini beraroma menyengat dan merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan mentimun, dan sambal.

Kandungan daun kemangi

Meski kecil, daun kemangi mengandung banyak vitamin dan zat penin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut diantaranya :

  • Vitamin B6 yang sangat penting untuk otak dan menjadikan fungsi saraf berjalan normal.
  • Vitamin A untuk mencegah masalah pada mata.
  • Vitamin C untuk daya tahan imunitas.
  • Vitamin E, merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas.
  • Fosfor, berperan dalam pembentukan tulang, penyerapan gizi dan transportasinya serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.
  • Zat besi untuk tulang dan mengurangi anemia.
  • Magnesium membantu dan merilekskan jantung dan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

 

Manfaat daun kemangi

  1. Kulit dan rambut

Daun kemangi dapat mencegah timbulnya jerawat karena dapat memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung anti bakteri dan jamur yang dapat digunakan untuk mencegah peradangan. Selain itu juga, daun kemangi juga bisa digunakan untuk mencegah komedo dengan hanya meletakkannya di setiap sisi hidung selama 5 menit dan kemudian mencuci muka.

  1. Masalah mulut

Seduhan daun, biji, dan akar daun kemangi dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah bau mulut dengan  cara diseduh menggunakan air panas dan seduhan itu bisa anda tambahkan dengan gula ataupun madu.

  1. Menjaga vitalitas dan mencegah kemandulan

Kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang terdapat pada daun kemangi dapat membantu meningkatkan ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

  1. Untuk ibu hamil

Mengkonsumsi daun kemangi selama peroide kehamilan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah keputihan ibu hamil.

Efek samping daun kemangi

  1. Efek samping Eugenol

Kandungan utama yang terdapat dalam daun kemangi ini dapat menyebabkan nafas pendek, darah di air seni, tenggorokan dan lidah yang terasa terbakar, jantung berdebar, dan mual.

  1. Penipisan sel darah

Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi bersamaan dengan  obat anti penggumpalan darah. Pendarahan bisa terjadi jika keduanya dikonsumsi bersamaan.

  1. Menurunkan kesuburan bagi wanita 

Wanita yang hamil, merencanakan kehamilan, dan juga menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi daun kemangi karena dapat menimbulkan penurunan kesuburan. Meski tes ini ditemukan dari pemberian kemangi terhadap hewan, ada baiknya untuk berjaga-jaga.

  1. Hipoglisemia

Kemangi sebenarnya dapat menurunkan gula darah, tapi ini tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Menggigil, pusing, hingga pingsan dapat terjadi saat keduanya dikonsumsi dalam jangka waktu dekat.

Manfaat dan efek samping yang dapat timbul karena daun kemangi | Resti | 4.5