Manfaat dan efek samping penggunaan Petroleum Jelly

Monday, May 20th, 2019 - Kumpulan Efek Samping, Tips Cantik

Manfaat dan efek samping penggunaan Petroleum Jelly- Apa itu petroleum jelly?Petrolatum atau petroleum jelly adalah salah satu kandungan di dalam obat luar atau produk-produk kecantikan yang digunakan untuk melindungi kulit, sekaligus menangani beragam permasalahan kulit, Selain itu, petrolatum juga digunakan sebagai emolien atau obat oles (topikal) yang bermanfaat dalam melindungi dan menjaga kelembapan kulit yang disebabkan oleh cuaca ekstrem, baik terlalu hangat maupun terlalu dingin.

Manfaat penggunaan petroleum jelly :

  1. Membersihkan sisa Make-up

Tak seperti pembersih makeup berbahan alkohol yang bisa membuat kulit kering, petroleum jelly bisa mengangkat sisa-sisa makeup mata dengan bersih tanpa membuat kulit wajah terasa kering.

  1. Mengangkat noda make up dari baju

Dengan kain basah, petroleum jelly ternyata juga bisa dipakai untuk mengangkat noda makeup dari baju, bantal, hingga selimut.

  1. Hasil manikur lebih rapi

Oles petroleum jelly di kulit sekitar kuku sebelum mengenakan kuteks. Hasilnya? Cat tidak akan mengering di luar kuku! Seusai sesi manikur, lap bagian jari yang dilapisi jelly untuk membersihkan sisi kuku.

  1. Memakai anting jadi lebih mudah

Sebelum memakai anting, oleskan petroleum jelly di lubang telinga dan anting supaya pemakaian menjadi lebih mudah.

  1. Ubah kosmetik menjadi krim

Jika bedak atau eye shadow anda retak, campurkan dengan petroleum jelly.

  1. Menebalkan bulu mata dan alis

Petroleum jelly dapat dijadikan pelembap rambut atau conditioner yang membuat alis dan bulu mata tampak lebih tebal dan membuatnya tampak lebih lentik.

  1. Membersihkan sepatu kulit

Petroleum jelly bisa dijadikan polish atau semir untuk mengilaukan sepatu kulit anda.

  1. Sebagai Scrub

Petroleum jelly bisa dicampur dengan gula pasir untuk membuat lip scrub, atau campurkan dengan sea salt untuk dijadikan body scrub yang penuh nutrisi bagi kulit.

  1. Wangi parfum menjadi tahan lama

Oleskan sedikit petroleum jelly di titik nadi kamu seperti pergelangan tangan dan leher sebelum menyemprotkan parfum.

  1. Mempermudah melepaskan cincin

Sedang kesulitan melepas cincin yang terlalu kencang? Oleskan petroleum jelly di atas dan sekitar cincin, lalu putar secara perlahan sampai cincin tersebut bisa dilepas.

Efek samping penggunaan petroleum jelly :

Karna petroleum jelly adalah produk hasil dari proses penyulingan minyak dan bisa dibilang tidak ramah lingkungan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemakaian produk ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti :

  • Menumpuknya lemak dalam tubuh
    Petroleum jelly mengandung hidrokarbon yang bisa terakumulasi dalam jaringan lemak di tubuh. Karena kulit tidak bisa mencernanya dengan baik, maka petroleum jelly yang dioleskan akan menumpuk dan menyebabkan tubuh terkontaminasi. Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa hidrokarbon yang diserap dalam jangka panjang bisa membahayakan kandungan serta ASI.
  • Menyebabkan kerusakan kolagen
    Petroleum jelly yang dioleskan di kulit akan menghalangi penyerapan nutrisi penting yang masuk sehingga mempercepat proses penuaan dini. Proses ini juga mampu menyebabkan kerusakan kolagen dan membuat kulit jadi keriput.
  • Dominasi estrogen
    Salah satu efek samping yang terlihat dari petroleum jelly adalah risiko dominasi estrogen. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan mengakibatkan masalah autoimun, munculnya alergi, infertilitas, serta mempengaruhi reseptor hormon dalam tubuh.
  • Menyebabkan peradangan paru
    Produk yang mengandung petroleum jelly mengandung bahan kimia berbahaya seperti dioksan yang dikenal bisa menyebabkan kanker. Menghirup petroleum jelly juga dapat menyebabkan pneumonia lipoid yang menjadi penyebab radang paru-paru

Manfaat dan efek samping penggunaan Petroleum Jelly | Resti | 4.5