Manfaat dan Efek Samping Tramadol

Saturday, January 14th, 2017 - Kumpulan Efek Samping
Manfaat dan Efek Samping Tramadol

Manfaat dan Efek Samping Tramadol

Manfaat dan Efek Samping Tramadol – Seseorang yang pernah menjalani operasi, secara otomatis pasti pernah menggunakan obat yang disebut dengan tramadol. Ya, tramadol sendiri merupakan obat yang bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri yang biasanya muncul pada bekas jahitan ataupun luka lain pasca operasi.

Meskipun manfaatnya cukup besar, namun efek samping pada tramadol ternyata tak kalah besarnya.Dan yang lebih mengejutkan, efek samping tramadol ini tak hanya ada satu macam, namun terdiri dari beberapa poin berbahaya.

Apa sajakah efek samping pada  tramadol tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Kecanduan

Karena merupakan obat penghilang rasa sakit, tak heran jika penggunaan tramadol bersifat kecanduan. Yaitu apa bila seseorang telah merasakan sakit lagi, maka harus menggunakan obat tramadol kembali.

Dan sudah anda ketahui bukan, segala jenis obat yang menyebabkan kecanduan tidak akan baik untuk tubuh. Terlebih jika efek samping tramadol yang satu ini dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Pusing

Meskipun mampu menghilangkan rasa nyeri, namun tramadol ternyata juga dapat menyebabkan rasa pusing.Dan efek samping tramadol berupa rasa pusing ini biasanya terasa ketika kepala menjadi serasa berputar (bukan berdeyut atau sepaneng).

  1. Mual

Pada beberapa orang, efek samping tramadol yang satu ini akan dirasakan dalam jangka waktu yang sangat singkat. Yaitu hanya dalam beberapa menit setelah pemberian tramadol, rasa mual akan langsung muncul.

Namun pada beberapa orang lain, efek samping tramadol berupa mual justru bisa terasa ketika daya kerja tramadol sudah berakhir.

  1. Susah bab

Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang telah menjalani operasi akan mengalami susah BAB. Hal ini muncul tak lain yaitu karena efek samping tramadol adalah dapat menyebabkan susah BAB. Namun tingkatannya pada setiap orang berbeda.

  1. Mulut kering

Mengap setiap orang yang telah mengalami operasi akannampak pucat? Salah satu penyebabnya yaitu karena bibir yang pecah karena kondisi mulut yang kering.Dan ini pun merupakan efek samping tramadol yang sering kali disertai dengan dehidrasi.

  1. Perut kembung

Meskipun bukan hal yang berbahaya, namun efek samping  yang satu ini cukup mengganggu kenyamanan. Terlebih lagi jika rasa kembung dirasakan dalam jangka waktu panjang.

Meskipun efek samping yang terkandung dalam tramadol cukup banyak, namun anda tak perlu khawatir karena ketika anda menggunakan obat ini dalam ketentuan dokter atau atas resep dokter, maka tak akan menyebabkan efek samping tramadol yang lebih berbahaya.

Dan manfaat yang didapat bahkan jauh lebih banyak dibanding dengan efek samping tramadol yang nantinya akan dirasakan.

Manfaat dan Efek Samping Tramadol | muhammad yamin | 4.5