Ternyata, manfaat dari salak bukan hanya ada pada bagian daging buahnya saja

Monday, June 17th, 2019 - Obat Herbal

Buah dengan nama salacca zalacca ini, memiliki rasa yang nikmat dan merupakan salah satu buah yang banyak digemari  oleh masyarakat Indonesia.

efeksamping.com

Banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi buah salak akan mengganggu proses pencernaan. Hal ini memang dapat terjadi karena kebiasaan masyarakat yang mengonsumsi buah salak dengan membuang kulit arinya (kulit tipis). Padahal, kulit ari yang  ada pada buah ini memiliki beberapa manfaat.

Segudang manfaat  salak :

  1. Menyehatkan mata

Kandungan betakaroten (Vitamin A) yang terkandung pada buah salak dapat membantu memelihara kesehatan pada mata. Maka dari itu, mengonsumsi buah salak bisa jadi alternative sumber vitamin A selain wortel.

  1. Mencegah sembelit

Dalam kulit ari salak terdapat kandungan serat. Kandungan serat inilah yang dapat mengurangi kemungkinan menderita penyakit sembelit.

Jika ingnin membersihkan kulit arinya, cukup dengan membuang kotoran-kotoran yang menempel. Tidak perlu membuang keseluruhan kulit tipis yang membungkus buah salak tersebut.

  1. Mencegah sariawan

Buah salak kaya akan kandungan vitamin C. kandungan vitamin C ini dapat mengurangi kemungkinan terkena sariawan atau bahkan menyenbuhkannya.

  1. Anti racun alami

Kulit ari pada buah salak mengandung antioksidan tinggi, yang bisa membantu anda memerangi radikal bebas dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.

  1. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi daging buah salak bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda. Ini karena vitamin C pada buah salak yang mampu meningkatkan imunitas sehingga membantu anda menghadapi perubahan musim dan menangkal virus penyakit agar tidak masuk ke dalam tubuh.

  1. Untuk mengobati ambeien

Dalam ilmu pengobatan Cina, daun pohon salak adalah salah satu obat mujarab untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien. Ambeien adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi disekitar anus dan rektum bagian bawah. Jika dikonsumsi secara teratur, ramuan ini bisa menyembuhkan penyakit ambeien.

Cara pengobatan ambeien dengan daun salak:

Ambil segenggam daun salak atau secukupnya, cuci dengan air hingga bersih. Tambahkan air dengan komposisi 200 cc untuk setiap 3 helai daun salak. Rebus hingga air mendidih, kemudian saring air rebusannya. Tambahkan sedikit gula merah untuk menghilangkan rasa pahitnya, minum ramuan ini dua kali sehari, setiap bangun tidur dan sebelum tidur.

 

 

Ternyata, manfaat dari salak bukan hanya ada pada bagian daging buahnya saja | Resti | 4.5