Bukan hanya bunganya yang cantik, namun daun tanaman kenikir juga memiliki manfaat bagi tubuh

Monday, June 17th, 2019 - Obat Herbal

Manfaat daun kenikir- Daun kenikir adalah daun yang berasal dari tanaman kenikir. Kenikir juga biasa dikenal dengan nama ulam raja. Tanaman ini memiliki nama latin Cosmos caudatus yang termasuk dalam keluarga Asteraceae.

efeksamping.com

Kenikir berasal dari Amerika Latin dan dibawa ke Asia Tenggara. Bagian daun dari tanaman kenikir telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Asia tenggara sejak dulu.

Kandungan daun Kenikir

Umumnya, sayuran ini lebih sering dijadikan santapan langsung bersama lalapan dan sambal alias dimakan mentah. Akan tetapi, beberapa orang juga menyukainya ketika direbus untuk dimakan sebagao sandingan sayuran lain dalam urap dan pecel.

100 gram daun kenikir dapat memberi zat gizi seperti energy 45 kalori, protein 3,7 gr, karbohidrat 6,6 gr dan serat 5,8 gr. Menariknya lagi, jenis sayuran yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin. Mulai dari 328 miligram kalsium, 65 mg fosfor, 2,7 mg besi, 6 mg natrium, 431 mg kalium dan 0,6 mg seng.

Beberapa vitamin yang terkandung dalam sayuran ini yakni 12 mikrogram karoten, 0,5 mg vitamin B1 (thiamin), 0,3 mg vitamin B2 (riboflavin), serta 4,5 mg niasin. Bukan hanya itu, tanaman ini juga memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya yang semakin memperkaya nutrisi.

 Manfaat daun kenikir :

  1. Meningkatkan nafsu makan

Daun kenikir mengandung kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Daun kenikir juga bisa diberikan kepada anak-anak yang mengalami masalah kenaikan berat badan karna sulit makan.

  1. Mengatasi masalah bau mulut

Kandunga alkohol koniferil yang terdapat pada daun kenikir betindak sebagai antibakteri yang bisa membersihkan lidah dan air liur dari kuman-kuman. Biasanya, setiap makanan yang kita makan terdapat kuman-kuman tak kasat mata yang ikut masuk dan menempel di lidah. Cara mengatasi bau mulut dengan daun kenikir ialah dengan mengunyah daun kenikir selama 30 detik lalu berkumur.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin yang terdapat daun kenikir mampu meningkatkan metabolism tubuh yang akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengobati penyakit maag

Tokoferol yang terkandung dalam kenikir mampu menetralkan asam lambung. Selain itu, tokoferol juga bisa menguatkan otot-otot sfingter yang ada di perut.

 

Bukan hanya bunganya yang cantik, namun daun tanaman kenikir juga memiliki manfaat bagi tubuh | Resti | 4.5