Manfaat Jintan Hitam Yang Tidak Anda Ketahui

Thursday, February 16th, 2017 - Obat Herbal, Tips Sehat
manfaat jintan hitam

manfaat jintan hitam

Manfaat Jintan Hitam Yang Tidak Anda Ketahui-  Bila kita bicara tentang jintan hitam, siapa sih yang tidak tahu? Bahkan Negara Negara eropa lebih dulu memanfaatkan jintan hitam sebagai obat. Untuk umat islam sendiri jintan hitam bukanlah hal asing karena sudah sering digunakan untuk obat atau suplemen tubuh. Nabi Muhammad saw bersabda :” sesungguhnya didalam habbatusaudah (jintan hitam) terdapat penyembuh segala jenis penyakit kecuali kematian”. Coba bayangkan, sungguh istimewa sekali jintan hitam ini bahkan disarankan oleh nabi bahkan difatwakan mampu mengobati berbagai macam penyakit selain kematian itu sendiri. Luar biasa bukan!! Dalam bidang akademis sendiri jintan hitam sudah terbukti memiliki khasiat yang sangat banyak.

 

Saat ini sudah banyak sekali orang yang merasakan manfaat jintan hitam jika dikonsumsi secara rutin dan extrak jintan hitam ini telah banyak diproduksi dengan kemasan yang lebih moderen. Mungkin anda ingin tahu apa saja manfaat jintan hitam yang bisa anda rasakan jika rutin dalam mengkonsumsinya ?

      Berikut manfaat jintan hitam antara lain:

  • Dalam kitabnya Al Qanun fi al tibb, ibnu zina mngungkapkan bahwa salah satu manfaat jintan hitam adalah dapat merangsang energy tubuh dan membantu pemulihan dari kelelahan. Para dokter di eropa banyak menyarankan penggunaan jintan hitam setelah operasi karena manfaatnya yang bagus dalam meredakan luka dan pembentukan sel darah merah. Subahanallah .. (ibnu zina adalah pelopor ahli kedokteran islam yang kemudian menjadi kiblat bagi dunia kedokteran )
  • Salah seorang peneliti mesir terkemuka Mahfoes dan El Dakhaknhy menyebutkan bahwa jintan hitam memberikan manfaat bagi sistem pencernaan dan juga detoksifikasi terhadap zat zat beracun yang masuk kedalam tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari gejala keracunan. Selain itu ia mengungkapkan habbatusaudah mengandung nigellone dan thymoiquinone yang berfungsi sebagai anti spasmodic dan bronchodilating yang bermanfaat terhadap penyakit pernapasan selain itu juga berperan sebagai antihistamin yang membantu mengurangi gejala penderita alergi seperti gatal dan bengkak. Thymoquinone mengandung sifat anti inflamasi dan analgesic yang sangat baik.
  • Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah menjaga metabilisme tubuh, jintan hitam juga kaya akan lemak tak jenuh ganda. Kandungan ini tidak bisa kita dapatkan pada tanaman lain. Lemak tak jenuh ganda penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh dan juga mengatur metabolisme tubuh, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh dan meningkatkan fungsi hati yang sehat.
  • Habbatusaudah juga mengandung 15 asam amino, karbohidrat, serat, mineral seperti kalsium, zat besi, natrium, kalium, seng, magnesium, selenium dan berbagai macam vitamin seperti vitamin a, b, b2. Niasin (vitamin b3) dan vitamin c yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh. Jinten hitam memang kaya manfaat, menjadi suplemen bagi orang sehat dan menjadi obat bagi yang sakit.
  • Penelitian terbaru mengenai jintan hitam mengungkapkan bahwa habbatusaudah memiliki manfaat jauh dari yang diperkirakan oleh para ahli sebelumnya seperti
  1. Anti bakteri
  2. Anti virus
  3. Anti jamur
  4. Insulin sentitizing dan glukoneogenesis (penambah daya kepekaan fungsi insulin)
  5. Anti diabetes
  6. Anti ulkus ( luka, borok, atau bisul)
  7. Antipasmodik (anti kejang)
  8. Hepatoprotektif (perlindungan hati)
  9. Anti inflamasi
  10. Renoprotective (pertahanan ginjal)
  11. Anti histamine
  12. Anti tumor
  • Habbatusaudah memiliki manfaat mengobati sakit maag dan penyakit kulit seperti mata ikan. Hal ini terbukti karena penulis pernah mengkonsumsi habbatusaudah kurang lebih sebulan dan alhasil penyakit maag tidak pernah kambuh meski terlambat makan dan kutil atau mata ikan sembuh dan menghilang tanpa bekas.
  • Manfaat jintan hitam juga sering dirasakan adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat tahan terhadap segala macam jenis penyakit. Sehingga tubuh selalu fit meski cuaca tidak bersahabat.
  • Habbatusaudah ternyata bisa menjadi obat herbal bagi penyakit epilepsy mengingat kandungan gizinya yang begitu kompleks dan mendapat jaminan dari Allah.
  • Mengkonsumsi jintan hitam secara rutin bisa menambah kecerdasan anak. Biasakan anak anda mengkonsumsi extrak jintan hitam jika ingin kecerdasannya meningkat.
  • Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan air susu ibu ketika menyusui.
  • Meremajakan sel kulit sehingga terlihat awet muda.
  • Menambah daya ingat dan konsentrasi otak.

Sebenarnya masih banyak manfaat jintan hitam yang bisa kita dapatkan. Jadi untuk mendapatkan manfaatnya secara keseluruhan maka konsumsi lah habbatusaudah ( extrak jintan hitam )  sekarang dan rasakan khasiat  dan manfaatnya.

Manfaat Jintan Hitam Yang Tidak Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5