Manfaat lidah mertua bagi kesehatan yang jarang diketahui

Wednesday, June 19th, 2019 - Obat Herbal

Manfaat lidah mertua  bagi kesehatan yang jarang diketahui-Sansivieria atau lidah mertua merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang cukup terkenal.  Secara analogi, tanaman ini memiliki daun tegak dank eras. Ujung yang rucing digunakan sebagai bentuk adaptasi dan perlindungan diri. Warna yang kontras antara belang hijau tua dan muda serta bergaris tepi kuning.

efeksamping.com

Kandungan lidah mertua

Tanaman ini mengandung pregnane glycoside pada tiap helainya yang mampu membantu menguraikan senyawa beracun menjadi senyawa organik yang mudah di uraikan. Selain itu, terdapat senyawa organik yang baik untuk manusia, seperti gula dan asam amino.

Tanaman ini mampu menguraikan racun seperti karbon dioksida (CO2), benzene, formal dehid, kloroform serta tri kotilen.

Manfaat lidah mertua :

  1. Penyerapan polusi terbanyak

Tanaman ini termasuk menjadi salah satu tanaman yang bisa menampung polusi terbanyak diantara tanaman yang lainnya. Sekitar 107 polutan bisa diserap dalam tubuh dan di keluarkan lagi dalam bentuk oksigen. Sangat bekerja baik jika anda hendak mengaplikasikan tanaman ini sebagai penghias ruang tamu.

  1. Kaya akan produksi oksigen (O2)

Tanaman ini sangat baik diletakkan di ruang kumpul yang biasa di pakai merokok, yakni sebagai penetralisir asap rokok yang mampu meracuni keluarga yang lain.

  1. Membantu menyerap radiasi

Lidah mertua juga aktif untuk membantu menyerap radiasi. Salah satunya radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik.

  1. Sebagai bentuk aroma terapi

Tanaman lidah mertua sangat baik digunakan sebagai salah satu aroma terapi. Ketika sore hari biasanya bunga-bunganya akan mekar. Saat itu pula bunga ini akan mengeluarkan bau khas yang menenangkan.

  1. Sebagai antiseptic

Sangat baik digunkan sebagai antiseptic untuk membunuh kuman. Ketika anda terluka, maka debu-debu bisa menjadi virus yang masuk ke dalam tubuh.  Untuk itu diperlukan antiseptic yang bisa membunuh kuman.

  1. Sebagai hair tonik alami

Salah satu tanaman yang sangat baik dalam memelihara rambut. Selain melembutkan, juga bisa digunakan sebagai pengahlus dan penyegar rambut alami.

  1. Membantu mengobati wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya susah buang air besar. Untuk  membantu melancarkan proses pembuangannya yakni dengan menggunakan lidah mertua. Karena, tanaman ini kaya akan serat yang membantu untuk memperbaiki pencernaan.

Manfaat lidah mertua bagi kesehatan yang jarang diketahui | Resti | 4.5