Mengenal tanaman Okra sayuran kaya lendir yang bermanfaat

Tuesday, May 21st, 2019 - Obat Herbal

Manfaat Tanaman Okra-Okra merupakan salah satu jenis sayuran asal mesir  yang sudah banyak ditanama diberbagai daerah didunia. Bentuk kecil panjang dengan ujung runcing. Karena itu dikenal dengan sebutan ‘ladys finger’ dan juga mendapat nama lain ‘gumbo’. Okra berbulu halus dengan lekukan di kelilinya, jika dipotong maka bijinya aka nada di sekeliling buahnya. Jika dimasak, okra akan sedikit berlendir. Okra seperti sayuran lain enak dibuat acar, kari, ditumis, dimasak dengan tomat atau dimakan segar.

Sayuran dengan nama ilmiah abelmoschus ini umumnya tumbuh di Negara yang beriklim tropis. Sehingga budidaya okra muncul di Indonesia. Okra bisa diolah dengan cara ditumis sehingga kamu bisa mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat baik bagi tubuh.

Ciri morfologi Tanaman Okra :

  • Batang

Batang okra berwarna hijau kemerahan dan memiliki sedikit percabangan. Tanaman ini memiliki batang yang bertekstur lunak dan dapat tumbuh samapai dengan  1-2 meter. Batang tanaman okra memiliki bulu halus pada permukaannya.

  • Daun

Bagian daun okra berukuran lebar dan bercanggap menjari. Tangkai daunnya panjang dan mempunyai ukuran sekitar 10-25 cm. Daun tanaman ini berbentuk lima jari dengan pertulangan daun menyirip.

  • Bunga

Untuk bagian bunganya, tanaman okra memiliki bunga dengan bentuk seperti terompet dan berwarna kekuningan. Bagian bawah bunganya berwarna merah tua. Tanaman okra termasuk tanaman berumah satu yang mempunyai putik dan benang sari dalam satu bunga.

  • Buah

Buah tanaman okra mempunyai bentuk silindris memanjang berongga. Warna buahnya ada bermacam-macam seperti hijau muda, hijau tua maupun hijau kekuningan tergantung dari varietas okra tersebut.

Manfaat Mengonsumsi Okra :

  1. Mengobati anemia

konsumsi okra akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah mengobati anemia.

  1. Bersifat anti kanker

Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat sehatnya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

  1. Mengurangi asma

Okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat aktif yang membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

  1. Menguatkan tulang

Okra tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis.

  1. Menurunkan kolestrol

Serat larut yang ada dalam okra akan membantu menurunkan kolestrol yang pada gilirannya bisa menurangi aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Melancarkan konstipasi

Kandungan serat dan lendir pada okra merupakan obat pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus.

  1. Menyembuhkan Diabetes

Bagi anda yang mengidap penyakit diabetes, maka anda disarankan untuk mengonsumsi 8 buah okra setiap hari. Sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Okra kaya beta karoten, lutein dan xhantin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Mengenal tanaman Okra sayuran kaya lendir yang bermanfaat | Resti | 4.5