Obat eksim alami yang bisa anda dibuat dirumah

Saturday, June 15th, 2019 - Obat Herbal

Obat eksim alami yang bisa anda buat dirumah- Apa itu eksim? Eksim merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal, ruam merah, kulit kering, lenting, berair, pengerasan, penebalan dan perubahan warna (pigmentasi) kulit di beberapa bagian tubuh.

efeksamping.com                                                  

 

Gejala eksim

Umumnya, eksim sering ditemukan pada anak dibawah usia 5 tahun dan dapat berlanjut sampai usia remaja atau dewasa. Tanda dan gejala diantaranya :

  • Rasa gatal yang dapat menjadi parah terutama di malam hari
  • Kemerahan pada kulit dapat disertai bercak abu-abu kecokelatan, terutama di tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, lutut, wajah dan kulit kepala
  • Kulit menebal . pecah-pecah, kering, bersisik
  • Kelit melepuh
  • Kulit membengkak dan nyeri akibat garukan

Obat eksim alami yang bisa dibuat dirumah

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memilki khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa mengandung nutrisi asam lemak, vitamin K dan E, yang membantu memerangi gatal dan menghasilkan efek sejuk dikulit.

Cara penggunaan :  Anda bisa langsung mengoleskan  minyak kelapa ke kulit yang gatal

  1. Kunyit

Kunyit bisa digunakan sebagai bahan alternative obat eksim alami akibat kandungan antioksidannya untuk kulit. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang emmbantu mengobati peradangan dan gatal kulit.

Cara pengguanaan : Campur satu setengah sendoh teh kunyit dengan susus secukupnya, jadikan sebagai krim oles kulit. Anda juga bisa menambahkan satu setenagh sendok the kunyit pada air mendidih dan aduk selama 10 menit. Biarkan dingin, lalu anda bisa meminumnya atau digunakan untuk membilas area eksim yang gatal.

  1. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki zat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensai terbakar pada kulit eksim.

Cara penggunaan : Ambil ekstrak gel daun dari lidah buaya segar. Anda juga bisa menambahkan  beberapa tetes minyak ekstrak vitamin E ke dalamnya. Cara lain ialah dengan mengoleskan langsung ke pada bagian kulit yang terdapat eksim. Biarkan sampai kering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat.

  1. Oatmeal

Ternyata, oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu  meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan eksim.

Cara penggunaan :  Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta oatmeal. Tuang 3 sendok oatmeal kedalam kain tersebut, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai  bundel kecil, rendam yang berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang akan anda gunakan selama 15 menit. Angkat bundel tersebut kemudian gosok kebagian tubuh yang terkena eksim.

Obat eksim alami yang bisa anda dibuat dirumah | Resti | 4.5