Pahami 5 Efek Samping Omeprazole bagi tubuh

Wednesday, June 26th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping omeprazole

efek samping omeprazole

Pahami 5 Efek Samping Omeprazole bagi tubuhMungkin anda pernah mendengar nama obat Omeprazole. Obat satu ini adalah salah satu obat yang diberikan dokter kepada pasiennya untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Menggunakan atau mengonsumsi obat ini tentunya harus dibawah pengawasan dokter agar efek samping omeprazole secara negatif tidak mengintai tubuh kita.

Omeprazole adalah salah satu obat bersifat antisekresis yang bermanfaat dalam menekan sekresi asam lambung dengan cara menghambat aktivitas enzim. Oleh karena itu penggunaan omeprazole dengan cara oral dapat menghambat sekresi asam lambung basal serta menstimulasi pentagastrik.

Jangan pernah mengonsumsi obat ini secara berlebihan, apalagi tanpa pengawasan dokter, salah-salah akan merusak kesehatan tubuh anda. Inilah dampak negatif omeprazole bagi kesehatan yang harus anda ketahui jika anda mengonsusmi obat ini secara berlebihan dan tanpa pengawasan dokter.

Pahami Inilah Efek Samping Omeprazole

Obat ini dapat dikonsumsi dengan cara ditelan secara utuh, namun jika anda mengalami kesulitan mengonsumsi obat secara utuh dapat dengan mengeluarkan isi kapsul yang kemudian dispersikan atau dicampurkan dengan jus buah dan minum dengan 1 gelas air dingin. Minum obat ini sebaiknya sebelum makan dan di pagi hari. Ada beberapa ketentuan dari dokter, pasien harus menghabiskan obat ini walaupun mereka telah merasa tubuhnya lebih membaik. Namun, untuk yang tanpa pengawasan dokter harus hati-hati sebak akan ada efek samping omeprazole yang mungkin tidak anda ketahui.

  1. Dosis besar dan penggunaan jangka panjang lama dapat menstimulasi pertumbuhan sel
  2. Penggunaan jangka panjang dapat membantu pertumbuhan bakteri di saluran pencernaan
  3. Resiko cacat bayi jika diberikan kepada ibu hamil, selain itu dilarang juga mengonsumsi obat ini untuk ibu menyusui kecuali telah mendapat pengawasan dokter
  4. Untuk beberapa kasus akan adanya efek samping yang sering muncul yaitu sakit kepala, diare dan kulit mengalami kemerahan.
  5. Dampak negatif omeprazole selanjutnya adalah dapat membuat kulit menjadi gatal, pusing, mual dan mulut terasa kering. Biasanya efek samping ini akan dirasakan oleh orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak akan mengalami masalah pernafasan, otitis media dan cedera yang tidak sengaja.

Obat ini memang dipercaya dapat membantu dalam mengatasi beberapa penyakit dengan memberikan efek berkurangnya rasa tidak nyaman di bagian perut. Selain itu bermanfaat juga sebagai memperbaiki hasil endoskopi. Namun, penggunaan obat ini harus selalu di bawah penangan dokter agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Setiap obat yang diberikan oleh dokter memang dapat membantu dalam meredakan berbagai macam keluhan yang ditimbulkan oleh beberapa masalah kesehatan. Akan tetapi alangkah baiknya jika anda menggunakan obat ini dengan pengawasan dokter. Semoga dengan adanya informasi mengenai efek samping omeprazole ini dapat bermanfaat dan membantu.

 

Artikel Ini Tentang:

minum omeprazole efek samping
Pahami 5 Efek Samping Omeprazole bagi tubuh | muhammad yamin | 4.5