Ngeri!! Inilah penyakit yang disebabkan kutu hewan

Friday, June 14th, 2019 - Artikel Kesehatan

Penyakit yang disebabkan kutu hewan-Pinjal adalah serangga kecil dan gesit yang hidup dari darah hewan lain, biasanya kucing atau anjing Anda yang berbulu dan tidak berbahaya. Pinjal bisa menjadi masalah yang serius jika mereka menyerang sebuah rumah dan penghuninya.

Sebenarnya, kulit manusia bukan habitat yang tepat untuk perkembangbiakan pinjal. Ini dikarenakan bulu yang ada di tubuh manusia tidak lebat. Meski begitu, kutu hewan ini sangat mengganggu. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kutu bahkan dapat membuat manusia mengalami sakit kepala dahsyat hingga kerusakan otot saraf.

5 penyakit yang disebabkan oleh kutu hewan :

  1. Lyme

jenis kutu berkaki hitam ini dapat menyebabkan ruam berbentuk lingkaran yang khas dengan gigitan kutu dan membuat tubuh kelelahan, masalah pada otos saraf dan wajah.

  1. Rocky mountain Spotted Fever

Penyakit yang disebabkan oleh kutu hewan ini akan menyebabkan tubuh mendadak demam, sakit kepala dan nyeri otot yang diikuti dengan ruam. Pengobatan yang tidak tepat dan lambat akan berakibat sangat fatal.

  1. Ehrlichiosis

Kutu yang berasal dari tubuh anjing, sapi, domba, kambing dan kuda akan menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah benih.

  1. Babesiosis

Jenis penyakit yang berasal dari kutu rusa ini dapat menyebabkan batuk kronis, sakit kepala dan malaise.

  1. Human Granulocytic Anaplasmosis (HGA)

Gigitan kutu ini menyebabkan demam serta sakit kepala dan malaise.

Cara sederhana yang dapat anda lakukan dirumah agar furniture dan material tekstil dirumah anda tetap bersih dari jangkauan dan gangguan kutu hewan peliharaan :

  • Gunakan pembersih vakum (Vacuum cleaner) untuk membersihkan karpet dimana kucing atau anjing anda tidur untuk membersihkan kutu dan telurnya.
  • Kibaskan karpet dan tempat tidur binatang anda sehingga kutu dan telurnya jatuh.
  • Cuci tempat tidur binatang anda setiap minggu dengan suhu ideal di atas 500C untuk mematikan kutu.
  • Pertimbangakan menaruh tempat tidur binatang peliharaan anda di tempat tanpa karpet, seperti di lantai kayu.
  • Rajin membersihkan hewan peliharaan anda dengan cara memandikannya dan menggunakan shampoo khusus untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan anda.

Ngeri!! Inilah penyakit yang disebabkan kutu hewan | Resti | 4.5