Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kaki Gajah

Monday, May 13th, 2019 - Gejala Penyakit

                                         Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah atau disebut Iymphatic filariasis adalah golongan penyakit menular yang di sebabkan oleh cacaing filaria dan ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapat pengobatan segera dapat menimbulkan cacat berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin, baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Infeksi ini biasanya didapatkan pada masa kecil seseorang, dan menyebabkan kerusakan tersembunyi untuk sistem limfatik. Wujud dari penyakit ini sendiri terlihat menyakitkan dan sangat mengubah bentuk. Limfoendema, kaki gajah, dan pembengkakan skrotum dapat terjadi di kemudian hari dan menyebabkan cacat permanen. Para pasien tidak hanya cacat fisik, namun juga menderita kerugian mental, sosial, dan finansial, sehingga memberikan kontribusi untuk stigma dan kemiskinan.

Gejala dan ciri penyakit kaki gajah

Penyakit kaki gajah yang menyerang sistem limfatik dimana sistem limfatik merupakan system kekebalan tubuh pada manusia yang membantu melindung dari infeksi berbagai penyakit. Yang terdapat jaringan pembuluh getah benung.

Me nurut WHO ada 3 macam jenis cacing filaria yang menyebabkan terjadinya kaki gajah yaitu Wuchereria bancrofti dimana 90% kasus disebabkan oleh cacing ini. Kemudian Brugia malayi dan brugia timori yang hanya menyerang sedikit pada manusia.

Ciri-ciri penyakit kaki gajah sebagai berikut:

  1. Mengalami demam secara berturut-turut sekitar 3 sampai 5 hari.Dengan jeda beberapa hari demam akan turun dan kembali menyerang setelah melakukan aktivits berat.
  2. Radang pada seluruh kelenjar getah bening. Radang ini akan menimbulkan rasa panas pada pangkal kaki hingga ujung kaki dan menimbulkan sakit yang menjalar.
  3. Muncul pembengkakan pada kelenjar getah bening pada area lipatan paha, ketiak yang nampak kemerahan dan terasa panas dan sakit.

Cara mencegah kaki gajah

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang kotor, banyak barang bekas, genangan air, rumput, semak, dan kolam harus segera dibersihkan karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak.

  1. Menjaga kebersihan dan kesehatan badan

Kebersihan dan kesehatan badan harus dijaga dengan baik dengan cara mandi dua kali, dan cuci tangan menggunakan sabun.serta makan makanan yang bergizi dan sehat yang banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat dengan jumlah seimbang.

  1. Menghindari gigitan nyamuk

Menghindari gigitan nyamuk bisa dengan menggunakan pakaian panjang atau dengan menggunakan obat nyamuk, baik lotion maupun obat nyamuk bakar atauelektrik terutama pada saat tidur.

  1. Menenem Lavender

Tanaman lavender tidak disukai oleh nyamuk, oleh karena itu rumah yang ditanami lavender akan di jauhi oleh nyamun sehingga kemungkinan kecil nyamuk untuk masuk rumah dan menggigit manusia didalalmnya.

Tahapan penyakit kaki gajah

  1. Stadium I

Adanya bengkak pada tubuh namun hanya sehari dan akan normal kembali tanpa adanya lipatan apapun.

  1. Stadium II

Muncul bengkak kembali namunakan hilang kembali seperti stadium I

  1. Stadium III

Akan muncul pembengkakan yang menetap.terlihat lipatan tipis namun masih normal.

  1. Stadium IV

Bengkak yang menetap tersebut akan menimbulkan lipatan pada kulit yang diawali munculnya sebuah benjolan pada permukaan kulit.

  1. Stadium V

Pada fase ini bengkak akan menetap dan berkembang hingga membesar.timbul lipatan-lipatan pada kulit seperti benjolan.

  1. Stadium VI

Stadium ini lipatan kulit yang membengkak akan semakin dalam bahkan kaki bisa seperti pecah-pecahdan berlumut.

  1. Stadium VII

Bengkak yang besar dan pecah-pecah tersebut akan membuat penderita penyakit kaki gajah tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kaki Gajah | Elis | 4.5