Penyebab dan Obat Herbal Diabetes Melitus

Tuesday, March 22nd, 2016 - Artikel Kesehatan, Obat Herbal
obat herbal diabetes melitus

obat herbal diabetes melitus

Penyebab dan Obat Herbal Diabetes Melitus – Sebelum membahas obat herbal mellitus terlebih dahulu akan kami jeslaskan secara umum apa itu diabetes mellitus. Penyakit diabetes melitus atau kencing manis terjadi pada saat kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Disebabkan karena pankreas tidak memproduksi hormon insulin, yang dimana insulin ini mempunyai fungsi untuk mengubah glukosa menjadi energi. Kadar glukosa (kadar gula dalam darah) terus meningkat jika hormon insulin tidak ada, sehingga mengakibatkan penyakit diabetes (kencing manis). Sebelum membahas contoh obat herbal diabetes melitus, kita perlu mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus, seperti obesitas, faktor keturunan, tekanan darah tinggi, kolesterol, cara hidup dan pola makan yang kurang sehat serta akibat kerusakan sel lainnya misalnya kerusakan pankreas.

Penyebab serta gejala penyakit diabetes melitus

  1. Kebiasaan merokok

Puluhan racun yang terkandung di dalam rokok menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit, salah satunya merupakan penyakit kencing manis. Baik perokok aktif ataupun pasif beresiko terkena penyakit tersebut

 

  1. Minuman bersoda

Banyak pemanis buatan yang terkandung dalam minuman berkarbonasi. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, maka kadar gula dalam darah akan tertumpuk dan menyebabkan terkena penyakit ini.

 

  1. Minum teh manis

Teh manis yang mengandung gula, jika dikonsumsi dalam porsi normal tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, maka kadar gula dalam darah akan meningkat sehingga menyebabkan penyakit kencing manis terjadi.

  1. Mengkonsumsi gorengan

Gorengan merupakan makanan yang diproses dengan menggunakan minyak kelapa ataupun minyak sayur. Minyak tersebut mengandung banyak kolesterol dan jika sudah digunakan berulang kali sehingga berwarna hitam akan sangat berbahaya bagi tubuh. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa penyakit diabetes melitus beresiko karena seringnya mengkonsumsi gorengan.

  1. Kurannya olahraga

Kurangnya berolahraga membuat tubuh kita mengandung banyak lemak jahat sehingga dapat mengundang penyakit kencing manis.

Obat herbal diabetes melitus

Sekarang akan dibahas mengenai obat herbal diabetes melitus yang ada disekitar kita. Yang pertama ialah daun sirsak. Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan karena mengandung vitamin serta serat yang tinggi, tetapi obat herbal diabetes melitus ini juga mempunyai khasiat yang tak kalah penting. Daun sirsak memliki khasiat menyeimbangkan kadar gula darah dalam keadaan normal. Ekstrak daun sirsak juga dapat meningkatkan sel beta yang menghasilkan insulin. Daun sirsak juga dapat mengurangi stress yang dimana menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes melitus. Dan fungsi lain dari daun ini, antara lain melancarkan proses pencernaan, merelaksasi otot, meningkatkan nafsu makan, dan sebagainya.

Obat herbal diabetes melitus yang kedua yaitu kulit manggis. Kulit manggis mengandung zat xanthone yang mampu menangani berbagai macam jenis penyakit termasuk penyakit diabetes melitus. Selain ekstrak kulit manggis, buah manggis juga membantu menormalkan tekanan darah, juga mengurangi kadar gula yang berlebih serta masih banyak lagi. Mengkonsumsi buah manggis serta ekstrak kulit manggis sangat baik bagi tubuh.

Demikialah sedikit penjelasan tentang penyebab dan obat herbal diabetes melitus semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penyebab dan Obat Herbal Diabetes Melitus | muhammad yamin | 4.5