penyebab maag dan cara mengatasinya

Friday, May 10th, 2019 - Artikel Kesehatan

 penyebab dan cara mengatasi penyakit maag

Jika kalian mempunyai penyakit maag, kalian juga harus tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi nya. Jika sebagian dari kalian ada yang belum mengetahuinya maka simaklah bacaan dibawah ini!

Pengertian penyakit maag

Maag  adalah gejala penyakit yang menyerang system pencernaan

Karena terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit dan perih pada perut.

 

 

Berikut adalah 5 penyebab maag dan cara mengatasinya

  1. Pola makan yang tidak beraturan

Pola makan yang tidak beraturan akan mengganggu proses pencernaan, termasuk pada lambung.

Cara mengatasi :

Menjaga pola makan yang teratur itu penting untuk tubuh kita. Nah, cara mengatasi pola makan            yang tidak beraturan kita harus selalu makan tepat waktu agar proses kerja pada lambung dan                    pencernaannya lebih teratur dan tidak ada produksi asam lambung yang berlebihan.

 

  1. Mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung

Makanan atau minuman dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan mengikis lapisan                dinding pada lambung. Jika di konsumsi secara terus menerus maka akan menyebabkan lambung            lebih rentan terkena maag dan akan susah untuk melakukan penyembuhan.

Cara mengatasi

kenali makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung naik, kurangi konsumsi                         makanan sehari-hari dengan mengganti makanan atu minuman yang lebih sehat

  1. Kurangnya makan sayurah dan buah

   sayur dan Buah memiliki Vitamin, Mineral, dan Serat yang tinggi dibandinkan jenis makanan yang lain. Kurang makan Sayur dan Buah akan mengakibatkan Lambung susah sembuh dengan cepat dan Asam Lambung akan selalu ada untuk mengikis dinding Lambung.

 

Cara mengatasi:

Perbanyak konsumi Sayur dan Buah akan sangat membantu Lambung dan memenuhi nutrisi yang optimal untuk seluruh organ pencernaan sehingga semua prosesnya berjalan lancar tanpa ada keluhan atau penyakit salah satunya Maag.

 

  1. Infeksi bakteri pada lambung

Aktivitas bakteri pada lambung yang berlebihan akan mengakibatkan peradangan pada lambung lebih rentan di kikis asam lambung dan susah untuk melakukan penyembuhan.

 

Cara mengatasi:

Mengendalikan aktivitas bakteri pada lambungdengan cara menjaga jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi sehat dan bernutrisi.

 

  1. Stress

  Stress dapat menaikan asam lambung dan membuat lebih rentan terkena peradangan.Stress juga menyebabkan penyembuhan lebih lama karena proses peradangan yang terus terjadi.

        

 

   Cara mengatasi:

Hal yang paling penting untuk mengatasi stress dan menjaga kesehatan lambung, kita harus mempunyai fikiran yang tenang, pola makan dan hidup teratur dan sehat.

penyebab maag dan cara mengatasinya | Fitri | 4.5