Inilah Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat

Tuesday, May 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat – Orang menganggap kebanyakan berpendapat kalau telapak tangan sering berkeringat itu pertanda bahwa jantung kita itu lemah, Apakah benar? Yuk simak penjelasannya disini.

Telapak tangan basah tidak ada kaitannya sama sekali dengan fungsi jantung dalam tubuh kita. Kondisi telapak tangan yang basah ini disebabkan oleh produksi keringat berlebih dari kelenjar keringat kita atau biasa disebut Hiperhidrosis.

Biasanya, keringat diproduksi saat suhu udara dalam tubuh kita sedang naik, misalnya demam, saat sedang berolahraga, atau saat cemas dan takut. Ataupun sedang merasa gugup saat kita menghadapi sesuatu yang mungkin menurut kita kurang merasa percaya diri.

Meskipun penyebab pasti dari telapak tangan dan kaki berkeringat masih diperdebatkan, kebabanyak para ahli percaya bahwa hal itu disebabkan oleh sistem saraf simpatik yang hiperaktif, sehingga menyebabkan kelenjar keringat ditelapak tangan dan kaki menghasilkan keringat yang berlebihan. Sistem saraf simpatik mengelola segala macam fungsi dalam tubuh yang membentuk respon yang disebut fight-or-flight ; ini termasuk pelepasan sejumlah bahan kimia seperti adrenalin, meningkatkan denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan tentu saja, berkeringat.

Inilah Penyebabnya

  • Cemas

Penyebab telapak tangan mudah berkeringat yaitu dari rasa cemas. Sikap cemas menyebabkan reaksi tubuh kita terjadi berulang-ulang seperti, sesak napas, jantung berdebar, sakit kepala, rasa ingin buang air kecil. Tidak jarang sekali rasa cemas, gelisah, gugup, rasa takut, telapak tangan mengeluakan keringat sebagai reaksi normal karena pikiran yang sedang tidak tenang.

  • Stres dan Tertekan

Kondisi Emosional seseorang memang memiliki peanan yang penting bagi kesehatan orang tersebut.

Keringat di telapak tangan sebenarnya disebabkan karena hipertiroid, bukan merupakan suatu penyakit seperti jantung lemah. Penyakit yang lemah jantung memiliki tanda-tanda yang lain seperti rasa sesak pada pernapasannya, mudh lelah, detak jantung tak teratur, nafsu makan rendah, dan gangguan memori.

Nah mulai sekarang kamu jangan khawatir lagi kalau tangan kamu berkeringat. Hanya saja mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, tiba-tiba tangan kamu berkeringat dan akhirnya timbul deh rasa gak percaya dirinya. Terutama di malam hari tanpa alasan yang jelas, nggak salahnya untuk melakukan pemeriksaan lanjut ke ahlinya ya.

 

Inilah Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat | Inddri | 4.5