Masih muda tapi rambut sudah beruban?? Ternyata inilah penyebabnya

Monday, June 17th, 2019 - Artikel Kesehatan

Penyebab uban diusia muda-Uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian  putih. Pada umumnya, rambut orang Indonesia berwarna hitam atau gelap karena meiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.

efeksamping.com

Kebanyakan orang terutama wanita tidak suka dengan munculnya uban karean merasa mengganggu penampilan sehingga tidak jarang mereka mengecat rambut untuk menutupi uban pada rambut.

Penyebab uban di usia muda :

  1. Ketidakseimbanagn hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa disebabkan oleh seperti gangguan tiroid, hamil, dan lain sebagainya. Berbagai faktor tersebut akan membuat produksi hormon tidak menentu dan mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, produksi melanin terganggu dan uban mudah tumbuh.

  1. Faktor genetik

Faktor genetik  bisa menjadi penyebab adanya uban di usia muda. Jika mengalami hal ini, ada baiknya untuk bertanya mengenai riwayat di dalam keluarga. Jika telah mengetahui kondisi ini sejak dini, anda bisa melakukan perawatan dan pencegahan untuk mencegah banyaknya uban yang muncul di usia muda.

  1. Diet yang salah

Bagi anda yang terobsesi ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal sehingga melakukan diet yang terbilang ekstrim, sebaiknya harus dipertimbangkan terlebih dahulu.  Karena, ketika tubuh tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Selain menyebabkan masalah kesehatan juga dapat memicu rambut beruban.

  1. Faktor psikologis

Biasanya faktor psikologis ini erat berhubungan dengan rasa stress, khawatir, sedih, serta gelisah yang anda alami. Segala bentuk guncangan batin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

  1. Kekurangan asam folat

Asam folat bisa memicu pertumbuhan rambut menjadi optimal. Jika rambut kerangan asam folat, ini akan membuat pertumbuhan rambut terhambat, serta uban juga lebih mudah muncul.

  1. Kurangnya kebersihan rambut dan kulit kepala

Rambut dan kulit kepala yang kotor atau jarang dicuci akan membuat bakteri serta kuman lebih cepat berkembang. Akibatnya, rambut menjadi sarang dari berbagai organisme sehingga membuat kulit kepala serta rambut tidak sehat. Ini juga akan membuat  produksi melanin juga menurun yang menimbulkan uban pada rambut.

 

 

Masih muda tapi rambut sudah beruban?? Ternyata inilah penyebabnya | Resti | 4.5