Ramuan Herbal Daun Meniran

Saturday, May 18th, 2019 - Obat Herbal

Ramuan Herbal Meniran-Meniran sudah terbukti secara ilmiah ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain mengobati penyakit hepatitis, gangguan saluran pernapasan, kencing manis, penyakit kuning dan diare.

Untuk memproses meniran menjadi obat, bagian yang digunakan adalah herba segar atau yang telah dikeringkan dengan cara di angin-anginkan.

Cara pemakaiannya sederhana, untuk obat yang diminum, rebus 15-30 gram herba meniran kering atau 30-60 gram herba segar. Lalu, air rebusannya diminum.

Cara lain ialah dengan meminum air tumbukan meniran segar. Air yang terkumpul diminum. Unutk pemakaian luar, cuci herba segar, lalu giling samapai halus. Bubuhkan bahan tersebut ke tempat yang sakit, kemudian di balut.

Ramuan alami meniran :

  1. Badan bengkak akibat radang ginjal 

Cara pemakaian : Cuci bersih masing-masing 50 gram meniran, rebus dalam 3 gelas hingga tersisa 1 1/2  gelas.  Setelah dingin, saring dan minum masing-masing 1/2  gelas, pagi, siang dan malam.

  1. Batu saluran kencing

Cara pemakaian : Cuci bersih masing 30 gram, daun sendok dan tempuyung. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing 1 gelas pagi dan sore.

  1. Nyeri sewaktu kencing

Cara pemakaian : Cuci 30 gram meniran dan daun kumis kucing. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 1/gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing  1/gelas, pagi, siang dan malam.

  1. Untuk Disentri

Cara pemakaian : Cuci bersih 30-60 gram meniran, rebus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan setiap hari selama 1 minggu.

  1. Untuk rabun senja

Cara pemakaian : Cuci bersih 15-20 gram meniran, lalu ditim dengan 2 potong hati ayam. Setelah dingin, makan hatinya dan minum airnya.

  1. Untuk rematik gout

Cara pemakaian : Sediakan 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar daun kumis kucing, cuci samapai bersih. Rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

Kandungan yang terdapat pada Meniran :

Daun Meniran sangat kaya akan berbagai kandungan kimia, antara lain : phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin,nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsesecurinine, phylanthenol, phyllnirurin, quercitrin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxyl niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin.

Senyawa lain yang terkandung dalam meniran adalah beta-d-xylopyranoside dan  beta sitosteroy. Senyawa lain yang baru ditemukan adalah seco-4-hidroksilintetralin, secoisoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin dan neolignan.

Akar dan daun meniran kaya akan senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin,  hypophyllanthin, quercetrin, isoquercetin, astragalin dan rutin. Minyak bijinya mengandung beberapa asam lemak seperti asam ricinoleat, asam linoleat dan asam linolenat.

Ramuan Herbal Daun Meniran | Resti | 4.5