Sakit perut saat haid apakah wajar??

Friday, May 10th, 2019 - Gejala Penyakit

Sakit perut saat haid apakah wajar? -Haid, menstruasi, atau datang bulan merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi.

Pada saat haid, tak sedikit wanita yang merasa sakit di area sekitar perut dan pinggang juga sering menganggu kegiatan para wanita.

 

Nah pertanyannya, Apakah wajar sakit perut saat menstruasi ?? Yu kenali apakah itu masuk akal atau tanda-tanda penyakit.

  • Dismenore sekunder

Dismenore sekunder sering kali mulai muncul pada usia 20 tahun. Jika pada usia 40 tahun ke atas timbul gejala nyeri haid yang tidak pernah dialami, penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter.

Sakit dari dismenore sekunder biasanya dimulai lebih awal dalam siklus menstruasi dan berlangsung lebih lama dari kram menstruasi pada umumnya. Gejala lain adalah Anda akan merasakan nyeri yang semakin luar biasa selama haid dan akan menghilang setelah selesai menstruasi.

Rasa sakit ini biasa disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi wanita seperti adanya kelainan organik dalam pelvis, bisa karena kista ovarium, endosmetriosis, infeksi menular seksual, radang panggul, mioma, atau penggunaan alat kontrasepsi (IUD) spiral.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana saat lapisan yang ada di Rahim keluar dan tumbuh di luar organ terdekat.

Gejala utama endometriosis adalah nyeri panggul, sering dikaitkan dengan menstruasi. Meskipun banyak yang mengalami kram selama periode menstruasi, mereka yang menderita penyakit ini lebih sering mengalami rasa sakit lebih buruk dari biasanya. Nyeri juga dapat meningkat seiring waktu.

  • Fibroid

Fibroid adalah tumor jinak yang terjadi di bagian atas atau di dalam otot rahim. Gejala penyakit ini ialah rasa nyeri yang disertai pendarahan yang berlebihan, sampai mengharuskan wanita mengganti pembalut 1-2x setiap jamnya, umumnya pendarahan tidak akan berhenti 3-4 hari, tetapi bisa mencapai berminggu-minggu.

  • Radang panggul

Radang panggul atau penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi yang menjangkiti serviks (leher rahim), rahim (rahim), tuba falobi (saluran indung telur), dan ovarium (indung telur). Kasus radang panggul Biasanya ditemukan pada wanita berumur 15-24.

Efek yang terjadi dapat menyebabkan rasa sakit di bagian bawah yang menyebabkan demam, muntah, rasa sakit saat buang air kecil, keputihan yang berubah warna menjadi kuning atau hijau. Penyakit radang panggul yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, kehamilan ektopik hingga infertilitas (kemandulan).

Sakit perut saat haid apakah wajar?? | Resti | 4.5