Tanpa Anda Sadari,Makanan Yang Sering Anda Makan Bisa Sebabkan Kanker

Monday, May 20th, 2019 - Artikel Kesehatan

Tanpa Anda Sadari,Makanan Yang Sering Anda Makan Bisa Sebabkan Kanker- Kanker adalah salah satu penyakit yang menghantui sebagian besar umat manusia. Ada beberapa makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Namun, ada beberapa makanan yang kita makan setiap hari, yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker.

Penyakit kanker yang mematikan itu muncul lantaran adanya perkembangan sel yang menjadi ganas. Perubahan sel itu banyak dikaitkan dengan beberapa hal seperti paparan karsinogen, radiasi, obesitas, peradangan, hingga virus.

Selain itu, beberapa makanan olahan tertentu juga dikaitkan dengan kanker. Mengonsumsi makanan ini dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Berikut lima makanan sehari-hari yang dapat menyebabkan kanker:

1. Popcorn
Popcorn terutama yang dibuat melalui proses pemanasan di microwave mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat mendapatkan asam perfluorooctanoic di dalam popcorn yang bersifat karsinogenik.

2. Olahan daging merah
Sosis dan hot dog terdengar menggugah selera. Namun, olahan daging merah ini mengandung senyawa karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, pemanggangan juga dapat mengubah struktur kimia daging merah yang dapat memicu penyakit kronis ini. Mengonsumsi olahan daging merah banyak dikaitkan dengan risiko kanker usus.

3. Minuman Bersoda

Cairan dalam minuman soda kaleng cenderung sarat dengan gula, bahan kimia makanan, dan pewarna, yang semuanya dapat mengasamkan tubuh dan memicu pertumbuhan sel kanker.

4. Tepung rafinasi
Tepung merupakan salah satu bahan paling umum dalam banyak makanan olahan seperti kue, roti, dan aneka gorengan. Namun, kandungan karbohidrat dalam tepung ini sulit diolah tubuh dan dapat berkembang menjadi sel kanker. konsumsi rutin karbohidrat olahan ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita.

5. Gula rafinasi
Sama seperti tepung, gula rafinasi ini juga memicu pertumbuhan sel kanker. Pemanis terbukti membuat proses metabolisme sel berjalan agresif. Gula jenis ini dapat membuat produksi insulin melonjak dan menjadi sasaran empuk bagi pertumbuhan kanker.

6. Buah-buahan

Tidak diragukan lagi, buah-buahan adalah salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Yang jadi masalah, buah yang terpapar atau terkontaminasi pestisida dapat menyuburkan bibit-bibit kanker. Mencuci buah sebelum dikonsumsi memang membantu menghilangkan residu tersebut, walaupun tak sepenuhnya bisa.

 

Tanpa Anda Sadari,Makanan Yang Sering Anda Makan Bisa Sebabkan Kanker | nopa | 4.5