Ternyata Inilah 12 Gejala Penyakit Kista

Saturday, June 29th, 2019 - Tips Sehat
gejala penyakit kista

gejala penyakit kista

Ternyata Inilah 12 Gejala Penyakit KistaMengetahui bagaimana gejala penyakit kista sebaiknya harus dilakukan oleh wanita. Penyakit satu ini termasuk penyakit berbahaya dan sebaiknya mendapat penanganan yang tepat sedini mungkin. Apalagi menurut medis penyakit kista ini banyak sekali jenisnya dan semua wanita beresiko terjangkit penyakit ini jika wanita tersebut tidak pandai merawat kesehatan tubuh.

Kista sebaiknya dihindari sedini mungkin atau melakukan pencegahan dengan pengobatan alami yang dapat dilakukan oleh semua wanita. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami sengaja menyampaikan informasi mengenai seputar kista mulai dari jenis-jenisnya dan gejala kista itu sendiri.

Mungkin anda tidak tahu apa saja jenis-jenis kista dan di bawah ini adalah jenis-jenisnya:

  • Ksita ovarium yaitu berisi cairan, gas atau benda padat
  • Kista folikuler yaitu kista yang sering terjadi
  • Kista korpus luteum
  • Kista dermold
  • Kista endometrioma
  • Kista denoma

12 Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Kista

Mengetahui bagaimana gejala penyakit kista atau ciri-cirinya adalah hal yang wajib diketahui oleh wanita. Sebab banyak wanita yang tidak sadar bahwa selama ini dirinya mengalami penyakit kista, jadi dengan mengetahui ciri-cirinya sedini mungkin ini mampu mengatasi permasalah tersebut dengan lebih cepat.

Sebenarnya kista tidak memiliki gejala yang pasti namun ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa kita mengalami kista berdasarkan jenis-jenis kista itu sendiri. Untuk mengetahui jenis kista sebaiknya diperlukan pemeriksaan kandungan melalui USG, namun sebagian wanita biasanya akan mengalami beberapa ciri-ciri keluhan saat menjelang atau selama masa haid. Adapun ciri-cirinya:

  1. Perut bagian bawah mengalami nyeri
  2. Haid banyak atau lebih sedikit
  3. Selalu ingin BAB karena kista semakin membesar dan tidak mampu menampung air seni
  4. Terdapat benjolan pada perut (stadium lanjut)
  5. Pola haid tidak teratur
  6. Perdarahan hebat di rahim
  7. Nyeri perut dan diiringi mual-mual dan muntah-muntah
  8. Pembesaran bagian perut akibat kista semakin membesar
  9. Sakit bawah perut kiri dan kanan bergantian seperti digigit semut
  10. Sakit bagian pinggang belakang
  11. Kista pecah saat berhubungan seksual
  12. Nyeri perut jika melakukan aktivitas berat

 

Itulah 12 ciri-ciri dan gejala penyakit kista yang harus anda ketahui dan anda waspadai. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan sedini mungkin dengan memeriksa kandungan melalui USG dan melakukan tindakan tepat agar kista tidak semakin membesar. Jika kista anda masih tergolong ringan maka masih bisa dilakukan pengobatan medis yang tepat, namun jika kista yang ada di dalam kandungan anda sudah tergolong besar maka besar kemungkinan anda akan mengalami operasi untuk menggangkat kista tersebut.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat dan membantu, terima kasih telah membaca artikel kami.

 

Ternyata Inilah 12 Gejala Penyakit Kista | muhammad yamin | 4.5