Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Tuesday, May 14th, 2019 - Tips Cantik

Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami – Bau badan dapat disebabkan oleh keringat berlebih atau Hiperhidrasi saat bereaksi dengan bakteri. Selain keringat berlebih, beberapa makanan juga bisa menyebabkan bau badan seperti bawang, kopi, kol dan durian. Pasti sangat tidak nyaman bila berdekatan dengan orang lain lalu mencium bau badan kita. Meskipun sudah mencoba berbagai cara seperti menggunakan produk yang mudah ditemukan dipasaran, tapi tetap saja bau badan kita susah hilang. Tapi jangan khawatir, dibawah ini ada beberapa bahan alami yang mudah untuk ditemukan dan bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan kita.

 

Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami:

1. Bunga rosemary

Kandungan minyak Atsiri disalam Bunga Rosemary mampu digunakan untk menghilangkan bau badan secara efektif. Ada dua cara menggunakan Bunga Rosemary sebagai penghilang bau badan. Pertama bisa langsung mengoleskan minyak esensial rosemary pada ketiak. Cara yang kedua yaitu dengan mencampur air rebusan Rosemary kedalam bak mandi lalu gukanan untuk mandi setiap hari.

2. Cuka apel

Kandungan Asam Tartar yang terdapat dalam buah apel mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan cuka apel memiliki kandungan Asam Asetat yang berguna sebagai antimikroba.

Oleskan cuka apel menggunakan kapas ke daerah ketiak dan diamkan selama 15 menit, setelah selesai bisa langsung mandi karena penggunaanya harus sebelum mandi.

3. Baking soda

Ternyata baking soda juga dipercaya khasiatnya sebagai penghilang bau badan karena kemampuannya untuk menyerap keringat dan membantu bakteri penyebab bau badan.

Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis kemudian oleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan lakukan hal ini sehari sekali secara rutin.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan mineral dan anti-bakteri yang mampu membasmi kuman penyebab bau badan. Caranya dengan menumbuk halus 3 lembar daun jambu biji kemudian oleskan pad ketiak. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Cuka

Cuka memiliki kandungan asam yang bisa membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan. Caranya dengan meneteskan cuka pada kapas lalu oleskan pada ketiak, gunakan sama seperti deodoran.

6. Bawang putih

Zat menyengat pada bawang putih merupakan kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin. Meskipun demikian bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena mengandung banyak anti oksidan.

Haluskan 3 siung bawang putih dan oleskan pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Daun sirih

Daun sirih diyakini mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit karena banyaknya kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya. Yaitu: niacin, Vitamin C, karoten, tiamin dan riboflavin. Daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya rebus beberapa daunsirih dengan 2 gelas air. Campurkan pada air bak yang akan digunakan untuk mandi lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut. Lakukan hal ini secara rutin dan bau badan akan segera menghilang.

8. Daun beluntas

Tanaman ini kaya akan senyawa yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Yaitu : vitamin C, vitamin A, asam amino, natrium, falovonoid, lemak, tanin, kalsium, magnesium, alkaloid, minyak atsiri dan fosfor.

Rebus daun ini hingga lalu minum air rebusannya seacara rutin sebanyak 2 kali sehari.

9. Daun kemangi

Daun kemangi juga mengandung minyak atsiri yang dipercaya khasiatnya mampu untuk menghilangkan bau badan. Dan juga kemangi berguna sebagai antiseptik.

Cara penggunaanya sangat mudah, yaitu dengan memakan daun ini sebagai lalapan setiap pagi dan sore.

Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh. Caranya jemur daun ini hingga kering lalu tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas lalu saring dan minumlah sebanyak 2 kali sehari dengan rutin.

10. Temulawak

Minyak atsiri, sapomin dan flavoinoida yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan juga terdapat pada temulawak.

Caranya, parutlah temulawak sampai halus lalu beri air sembari diperas dan tambahkan 1 sendok teh madu untuk membantu mengilangkan baunya. Kemudian minumlah air perasan ini secara rutin.

11. Bunga kecombrang

Bunga kecombrang juga mengandung banyak antioksidan dan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh yaitu: vitamin, mineral, polifenol, antimikroba, glikosa, streoid, tanin, triterpenoid, flavonida, alkaloid, saponin, fenolik. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

Tumbuklah dengan kasar bunga dan batang Kecombrang dan gunakan sebagi sabun pada tubuh setiap kali mandi.

12. Jeruk purut

Walaupun bersifat asam, jeruk purut memiliki banyak zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Antara lain: vitamin A, vitamin C, sodium, kalori, zat besi, kalsium, gula, karbohidrat.

Peraslah 1 buah jeruk purut lalu campur dengan segelas air dan minumlah 2 kali sehari secara rutin.

13. Jeruk nipis

Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid dan vitamin C. Juga mengandung: serat, kalori, kalsium, macronutrients, tembaga, kalium, asam sitrat dan besi. Anda bisa mencoba buah ini sebagai solusi dan cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis.

Belahlah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu oleskan pada ketiak sama seperti menggunakan deodoran.

14. Jahe

Ternyata pada jahe juga terdapat kandungan: gingerol, filandrena, kurkumen, resin pahit, zingiberol, bisabolena dan minyak atsiri. Seperti yang sudah sering dijelaskan di atas minyak atsiri sangat bermanfaat sebagai penghilang bau badan. Dengan meminum wedang jahe sehari sekali secara rutin akan membantu untuk menghilangkan bau badan.

15. Mentimun

Mentimun mengandung 95 persen kadar air. Juga terdapat banyak zat-zat yaitu: seng, tembaga, zat besi, fosfor, asam pantotenat, B-6, folat, thiamin, riboflavin, kalsium, vitamin K, vitamin C, magnesium, vitamin A, kalium dan mangan.

Gunakan mentimn sebagai masker pada ketiak secara rutin 2 kali dalam seminggu.

16. Cengkeh

Cengkeh adalah ramuan tradisional lainnya yang juga mengandung minyak atsiri. Hal yang perlu dilakukan adalah merendam bunga cengkeh didalam air panas hingga mengembang dan minumlah airnya. Lakukan 2 kali sehari secara rutin dan bau badan akan menghilang.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Semoga dapat bermanfaat.

 

Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami | Sulis | 4.5