Tips Mengobati Kaki Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Alami

Wednesday, May 15th, 2019 - Tips Cantik, Tips Sehat

Tips Mengobati Kaki Kering dan Pecah-pecah dengan Alami – Kaki kering dan pecah-pecah sudah sangat umum terjadi pada setiap orang. Biasanya ini terjadi karena permukaan kulit yang terlalu kering dan tidak menyimpan kelenjar minyak sedikitpun. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit kaki kapalan dan mudah retak. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu seperti Diabetes, gangguan Tiroid hingga Psoriasis dan Eksim. Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering.

Selain tidak enak dilihat, jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa perawatan yang baik maka akan terjadi semakin parah bahkan kaki bisa sampai berdarah dan sakit ketika berjalan.

 

 

Dibawah ini ada tips untuk perawatan kaki kering dan pecah-pecah secara alami dan bisa dilakukan dirumah :

1. Mengoleskan pelembab, kemudian gunakan kaos kaki untuk membantu melindungi kaki

Pilihlah pelembab yang kental dan banyak mengandung shea butter, gel lidah buaya atau petroleum jelly. Semakin lengket dan berminyak tekstur pelembabnya akan semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Sebaiknya aplikasikan pelembab saat malam hari sebelum tidur lalu bungkus dengan kaos kaki dan biarkan menyerap sampai semalaman. Lakukan hal ini setelah mandi untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Pijat menggunakan minyak

Pelembab atau lotion memang baik untuk membantu penyembuhan, tapi bahan ini sangat cepat menyerap kedalam kulit. Bisa juga menggunakan minya sayur apapun seperti minyak zaitun, minyak almond,minyak wijen, tea tree oil hingga minyak kelapa. Gunakan juga minyak alami ataupun suplemen yang mengandung vitamin E untuk membantu menyembuhkan dan mencegah kembali kaki pecah-pecah.

Oleskan minyak dengan tebal ke bagian kaki yang bermasalah sambil dipijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Bungkus juga dengan kaos kaki dan biarkan menyerap semalaman.

3. Gunakan Lulur oatmeal

Gabungkan Oatmeal dan minyak zaitun sebagai lulur untuk kaki pecah-pecah. Lalu oleskan pada kaki dan biarkan meresap hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Kemudian oleskan pelembab kulit.

4.  Gunakan Masker alpukat pisang

Campurkan dan haluskan satu buah pisang matang dan setengah alpukat hingga berbentuk pasta. Balurkan pasta buah ini di daerah kaki yang bermasalah dan biarkan selama sekitar 10-20 menit. Anda juga bisa bungkus kaki yang erbalur masker dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk demi mempercepat waktu penyembuhan. Setelah maskeran kaki, bilas bersih kaki Anda dengan air hangat suam kuku. Kemudian oleskan pelembap kulit. Tak apa untuk maskeran setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

5. Gunakan campuran Petroleum jelly dan air lemon

 Pertama, rendam kaki dalam air hangat selama sekitar dua puluh menit dan pastikan benar-benar kering. Kemudian campurkan satu sendok teh Vaseline dengan tiga sendok teh jus lemon, aduk rata.

Gosokkan pasta ini di atas kaki yang bermasalah dan diamkan selama sekitar satu jam. Anda juga dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Pagi harinya, bilas bersih dengan air suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan ini setiap hari agar Anda melihat perubahan kaki yang jadi lebih lembut dan halus dalam waktu sekitar seminggu.

6.  Gunakan Masker tepung beras

Campurkan 2 – 3 sendok makan tepung beras dengan beberapa tetes madu dan cuka sari apel lalu aduk sampai berbentuk pasta. Jika kondisi kaki sangat parah, tambahkan lagi satu sendok teh minyak zaitun atau minyak almond kedalam ramuan. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 menit, setelah dikeringkan, balurkan pasta di kaki yang bermasalah dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati. Anda dapat menerapkan scrub kaki ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Jangan lupa untuk terus minum banyak air putih selama melakukan perawatan untuk kaki pecah-pecah. Air putih membantu melembapkan kulit dari dalam untuk mempercepat proses penyembuhan Anda.

Tips Mengobati Kaki Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Alami | Sulis | 4.5