Tips menjaga kesehatan mata diusia 20 sampai 30 tahunan.

Tuesday, May 14th, 2019 - Artikel Kesehatan

Cara menjaga kesehatan mata untuk usia 20-30an

Fungsi tubuh umumnya akan melemah seiring bertambahnya usia, termasuk indra penglihatan. Mata akan mulai kurang awas melihat ketika kita menginjak usia pertengahan 20-30an. Namun, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata di usia dewasa ini.

 

Tips menjaga kesehatan mata

Mata adalah asalah satu organ tubuh yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, semakin cepat mulai memelihara fungsi penglihatan, maka akan cepat pula manfaat yang di dapatkan.

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda terapkan mulai dari sekarang untuk penglihatan mata yang terjaga diantaranya:

  1. Makanan yang sehat untuk mata

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan makan makanan yang sehat. Makanlah makanan yang bersumber makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid.

Anda bisa memenuhi seluruh asupan gizi dari makanan yang sehat untuk mata seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau(bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak(salmon, tuna, sarden).

  1. Pakai sunglass ketika diluar ruangan

Saat cuaca terik atau bahkan mendung, sebaiknya pakailah kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

  1. Hindari rokok

Perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi macula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan, maka dari itu, berhentilah merokok secepat mungkin untuk menjaga kesehatan mata sejak masih muda.

  1. Rutin cek ke dokter mata

Rutin cek mata ke dokter dapat memberitahu apakah resep kacamata yang sudah tidak akurat lagi dan perlu di perbarui. Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa seberapa naik kemampuan penglihatan untuk mendeteksi adanya masalah mata sejak dini.

 

  1. Istirahatkan mata anda

Hampir semua orang merasakan mata jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan computer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya. Dan menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa kamu lakukann adalah menutup mata anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali.

Tips menjaga kesehatan mata diusia 20 sampai 30 tahunan. | Fitri | 4.5