Tips Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Wednesday, May 15th, 2019 - Artikel Kesehatan

bau mulut

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa – Hal biasa jika kita bau mulut saat berpuasa, penyebabnya adalah kurangnya asupan cairan yang membuat mulut kering karena tidak makan dan minum selama sekitar 13 jam. Tapi itu tidak akan menjadi kendala untuk kita, karena ada tips nya loh, supaya kita tidak bau mulut saat berpuasa. Ini dia Tipsnya!.

  • Hindari Makanan Yang Berbau

Diharapkan selama bulan puasa ini kamu Stop dulu yaa makan yang berbau, seperti jengkol, pete, atau makanan lain yang baunya tak sedap, karena itu sangat berpengaruh sekali sama aroma mulutmu. Namun, jika sulit dihindari, kamu bisa makan apel demi napas tetap segar. Apel dapat menetralkan bau mulut setelah makan bawang putih.

  • Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur Dan Buka Puasa

Nah, jangan males minum air putih yah saat puasa, karena air putih selain menyehatkan juga sanggup meningkatkan produksi air liur didalam mulut kita. Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

  •  Minum Lebih Banyak Jus Hijau

Ternyata Tidak cuman air putih saja, kamu bisa minum jus dari campuran sayuran dan buah. Jus hijau mengandung kadar asam rendah, sedangkan kopi sebaliknya. Jadi, cobalah beralih dari kopi ke jus hijau demi nafas segar selama berpuasa. Kamu juga bisa minum teh hijau pahit tanpa gula. Harus teh hijau karena hanya teh hijau yang mengandung zat polyphenol. Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas. Selain itu, teh hijau juga dapat berperan dalam mencegah kerusakan gigi dan melawan jenis kanker mulut tertentu.

  • Sikat Gigi Secara Rutin Minimal 2x Sehari

Lebih baiknya kamu menggunakan pasta gigi yang mengaandung siwak. Kamu Bisa sikat gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa, lebih bagus sebelum tidur juga sikat gigi dulu. Jadi 3x sehari. Sebenarnya sikat gigi boleh saja dilakukan saat berpuasa, asal jangan ketelan saja, heheheh.

  • Menyikat Lidah Juga

Kamu jangan menyikat giginya saja, jangan lupa untuk menyikat lidahmu juga. Ternyata sisa-sisa kotoran yang terdapat di lidah justru bisa membuat mulut beraroma tak sedap dibandingkan sisa kotoran yang menempel di gigi. Jadi sikat gigi saja tidak cukup, lanjutkan dengan membersihkan lidahmu juga, ya.

  • Gunakan Benang Untuk Mengambil Sisa Makanan

Kamu bisa memanfaatkan benang atau dental floss untuk menghilangkan sisa makanan dari sela-sela gigi yang areanya sulit dijangkau sikat gigi. Karena menyikat saja hanya membersihkan 60% permukaan gigi. Biasanya, makanan yang terselip bisa membusuk dan akibatnya mulut pun beraroma tak sedap.

  • Jangan Terlalu Banyak Makan Manis

Kamu harus kurangi makanan dan minuman manis karena dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut. Apalagi makanan yang lengket seperti cokelat. Juga Jangan terlalu banyak mengkonsumsi produk susu pada saat sahur

  • Gunakan Obat Kumur

Setelah kamu menyikat gigi dan membersihkan lidah, gunakan obat kumur untuk menjaga mulutmu agar tetap lembap. Pilih produk bebas alkohol agar mulut tidak kering yang menyebabkan datangnya bakteri sehingga napas pun jadi kurang segar. Kamu juga bisa membuat obat kumur sendiri dari satu sdm soda kue, satu cangkir air hangat, dan beberapa tetes minyak esensial peppermint. Selain itu, kamu bisa berkumur dengan air mawar agar lebih wangi.

  • Jangan Terlalu Sering Tidur

Nih, pasti banyak sebagaian orang yang memilih tidur untuk menghindari waktu berpuasa. Namun, sadarilah bahwa tidur menyebabkan mulut kita menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul. Oh iya lupa tips yang terakhir sebaiknya sebelum kamu tidur malam kamu makan permen mentol dulu supaya seger. hehe

Nah, sudah tahu kan sekarang tipsnya, selamat menerapkan…

Semoga Bermanfaat, dan lancar puasanya yaah…baca artikel yang lainnya yuk!..

 

 

 

Tips Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa | Nopi | 4.5