Wajib tahu! inilah macam-macam obat herbal dan khasiatnya

Wednesday, May 15th, 2019 - Obat Herbal

Macam-macam obat herbal dan khasiatnya

Obat yang berasal dari bahan alami atau bisa disebut juga obat herbal semakin banyak digunakan untuk mengobatiberbagai macam penyakit dan menjadi salah satu alat penyembuhan alternatif meskipun saat ini perkembangan jenis obat-obatan semakin bagus.

Obat ini digunakan dengan alas an bahwa obat ini lebih aman daripada obat kimia. Negara yang paling terkenal dengan penyembuhan alternative menggunakan obat herbal adalah china. Namun, sebelum menggunakan obat herbal sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Macam-macam obat herbal dan khasiatnya

  1. Temulawak

Temulawak termasuk dalam keluarga jahe(zingiberaceae), merupakan tanaman obat asli dari Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh di pulau jawa, Maluku, dan Kalimantan.

Karakteristik temulawak tumbuh sebagai semak batang, mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang tegak berdiri. Tanaman nini bisa tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 750 meter diatas permukaan laut, tanaman ini bisa dipanen setelah 8-12 bulan dengan ciri-ciri daun sudah menguning.

Temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Namun bisa juga di manfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai anti oksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak yang bersifat tahunan yang tersebar diseluruh daerah yang tropis. di daerah jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama kunyit sebagai bahan obat herbal, bahan baku industry jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak serta peternakan.

Selain itu, kunyit juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi, antioksidan, anti-mikroba, pencegah kanker, anti-tumor, dll.

  1. Keji beling

Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsur mineral lainnya. Tumbuhan ini juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaanya sebagai obat disentri, diare, dab obat batu ginjal serta penurun kolesterol. Daun tanaman ini direbus untuk diminum airnya.

Daun ini juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh gatal kena ulat atau semut hitam, dengan cara mengoleskan daun keji beling pada bagian yang gatal.

Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari, demikian juga untuk mengobati penyakit lever, wasir, dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

  1. Sambil0to

Sambilito adalah sejenis tanaman obat herbal yang berasal dari india dan sri lanka. Sambilito juga dapat dijumpai di Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua amerika.

Daun sambilito  banyak mengandung senyawa andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oles gorter pada tahun 1911. Khasiat ini berkaitan erat dengan enzim-enzim metabolic tertentu.

  1. Tempuyung

Tempuyung berkhasiat menghancurkan batu ginjal, di dalam daun tersebut terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Kehadiran kalium dari daun tempuyung inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat tercerai berai.

Endapan batu ginjal itu akhirnya larut dan hanyut keluar bersama urine, untuk menggunakan sebagai obat diperlukan lima lembar daun tempuyung segar. Setelah dicuci bersih, daun diasapkan sebentar. Daun tersebut dimakan sebagai lalapan bersama nasi, dalam sehari anda bisa memakan lalap itu sebanyak tiga kali.

  1. Beluntas

Beluntas merupakan tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang banyak, dfengan tinggi mencapai dua meter. Daun tunggal, bulat bentuk telur, ujung runcing, berbulu halus, daun muda berwarna hijau kekuningan dan setelah tua berwarna hijau pucat. Tumbuh liar ditanah berkelembapan tinggi. Secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare.

Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit, disamping itu daun belantas juga sering di konsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan. Adanya informasi secara tradisional dari masyarakat yang telah lama memanfaatkan daun beluntas sebagai salah satu tanaman obat herbal mendorong para peneliti untuk mengadakan berbagai penelitian guna membuktikan khasiatnya secara ilmiah.

Itulah macam-macam obat tradisional yang bisa kamu coba untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selamat mencoba!

Wajib tahu! inilah macam-macam obat herbal dan khasiatnya | Fitri | 4.5