Waspadai 7 Gejala Penyakit Tiroid

Friday, July 5th, 2019 - Artikel Kesehatan
7 Gejala Penyakit Tiroid

7 Gejala Penyakit Tiroid

Waspadai 7 Gejala Penyakit Tiroid Tiroid merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid pada leher tepatnya di bawah jakun. Peranan hormon tiroid ini sangat penting bagi metabolisme tubuh, bila hormon tiroid jumlahnya berkurang atau justru meningkat dari kadar normal, maka akan timbul berbagai gejala penyakit tiroid seperti di bawah ini pada tubuh. Masalah pada kelenjar tiroid sendiri dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti kelenjar yang rusak karena radiasi, masalah pada pituari otak, kadar iodine yang berlebih dalam tubuh, atau pengaruh obat litium. Berikut gejala penyakit tiroid :

 

  1. Kelelahan

Tidur yang cukup yakni 7-8 jam sehari, dan semestinya tubuh yang lelah akan kembali normal setelah beristirahat. Namun apabila anda sudah merasa cukup istirahat dan masih saja merasakan kelelahan terus menerus apalagi disertai nyeri sendi atau nyeri otot maka sebaiknya lebih waspada terhadap gejala beberapa penyakit, termasuk gejala penyakit tiroid.

 

  1. Penurunan atau peningkatan berat badan

Ciri ini merupakan yang khas dari penyakit tiroid, bila anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba ini disebabkan karena hipertiroid, yakni meningkatnya kadar hormon tiroid, serta jika sebaliknya mengalami kenaikan berat badan yakni karena hipotiroid atau penurunan hormon tiroid dalam tubuh.

  1. Gangguan Menstruasi

Timbulnya nyeri perut yang tak biasa ketik menstruasi dengan disertai siklusnya yang berantakan dikaitkan dengan masalah hipertiroid yang bila dibiarkan akibatnya fatal karena akan mengganggu kesuburan seorang wanita karena infertilisasi.

  1. Pembengkakan leher

Gejala penyakit tiroid yang mudah dikenali yakni pembengkakan leer, karena memang kelenjar tiroid letaknya pada bagian tersebut.

  1. Gangguan Pencernaan

Ada dua jenis masalah pencernaan yang berkebalikan yakni sembelit atau konstipasi yang erat kaitanya dengan hipotiroid, atau diare berkepanjangan yang merupakan ciri dari hipertiroid

  1. Masalah pada rambut kulit dan kuku

Ketiga bagian tubuh tadi memang biasanya berkaitan satu sama lain terhadap kekurangannya zat-zat tertentu dari dalam tubuh, misalnya saja ketika kurang vitamin E maka rambut kulit dan kuku menjadi kusam serta bermasalah. Hal ini juga terjadi ketika hormon tiroid terganggu, entah kelebihan atau kekurangan kedua hal tadi akan memicu rontoknya rambut secara tiba-tiba, kulit yang kering, merah membengkak, kesemutan serta kuku yang menjadi lebih rapuh erat kaitannya dengan gejala penyakit tiroid.

  1. Kedinginan atau kepanasan

Keadaan saat tubuh menjadi menggigil kedinginan atau kepanasan secara tiba-tiba dapat disebabkan karena gangguan hormon tiroid. Kedinginan merupakan tanda hipotiorid, dan sebaliknya ketika tubuh menjadi terus menerus panas dan berkeringat maka bisa dikaitkan dengan hipertiroid.

Semoga bermanfaat.

Waspadai 7 Gejala Penyakit Tiroid | muhammad yamin | 4.5