Waspadai!!Efek Samping Daun Sirsak Yang Tidak Banyak Orang Tau

Friday, May 10th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Waspadai Efek Samping Daun Sirsak- 

Dikenal secara meluas mampu membunuh sel-sel kanker, tanaman yang banyak  ditemukan di daerah tropis ini kini marak dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh. Meski begitu, kita tetap perlu berhati-hati dengan efek samping daun sirsak yang dapat merugikan kesehatan.

 

Banyaknya orang yang mengandalkan tumbuhan sirsak untuk mengatasi gangguan kesehatan bukannya tanpa alasan. Tingginya kandungan vitamin C, folat, dan mineral di dalam sirsak, seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi dan magnesium, menjadikan buah ini sebagai sumber nutrisi yang ideal.

Efek Samping Daun Sirsak

  1. Mual dan muntah

Apabila Anda mengonsumsi daun sirsak khususnya dalam bentuk air rebusan dalam jumlah yang sangat banyak maka ini bisa menyebabkan Anda langsung merasa mual. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna Anda.

  1. Bisa membentuk kristal di ginjal

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi batu ginjal yang seringkali mengakibatkan disuria atau sulit buang air kecil.

  1. Bisa menyebabkan diare

Daun sirsak baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menyebabkan diare. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa membuat tinja Anda menjadi cair. Efek samping daun sirsak yang satu ini tidak boleh diremehkan.

Tubuh Anda bisa menjadi lemah karena akan kekurangan cairan. Apabila Anda mengalami efek ini maka minumlah air putih lebih banyak

  1. Mengalami masalah pada rahim

Daun sirsak dalam jumlah berlebih akan membuat dinding rahim berkontraksi. Hal ini bisa berakibat fatal pada wanita yang sedang hamil dan yang sedang merencanakan kehamilan karena meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

  1. Meningkatkan jumlah keringat

Jumlah keringat akan menjadi berlebih apabila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebih. Daun sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh Anda merasa panas dan akhirnya banyak mengeluarkan keringat tanpa Anda sadari

  1. Menimbulkan masalah jantung

Daun sirsak bisa memiliki efek samping yang serius yaitu bisa menimbulkan masalah pada jantung. Pengonsumsian daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular Anda sehingga bisa mengakibatkan masalah atau gangguan jantung. Oleh karena itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

  1. Menyebabkan masalah neurologis dan gerakan

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga bisa berkembang pada gangguan gerakan. Selain neurologis, daun sirsak yang sering disajikan dalam bentuk teh bisa menimbulkan gangguan neurotoksisitas. Hal ini termasuk efek samping daun sirsak yang cukup serius.

  1. Menyebabkan infeksi di dalam tubuh

Pengonsumsian daun sirsak dalam jangka panjang baik dalam bentuk teh maupun kapsul bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Infeksi yang ditimbulkan ini bisa terjadi cukup cepat. Oleh karena itu, janganlah mengonsumsi daun sirsak dalam jangka panjang.

  1. Menghilangkan efek antidepresan

Bagi Anda yang sedang terapi obat-obatan antidepresan karena sedang mengalami despresi sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan efek samping daun sirsak bisa menghilangkan efek obat antidepresan yang Anda konsumsi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Daun sirsak sangat tidak cocok atau memiliki kontraindikasi bagi Anda yang menderita hipotensi. Hal ini disebabkan efek daun sirsak bisa melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Apabila Anda yang sedang memiliki tekanan darah rendah mengonsumsi daun sirsak maka bisa membuat kondisi hipotensi Anda menjadi semakin parah. Anda bisa menjadi semakin lemas dan lesu bahkan pingsan.

 

 

Lagi pula, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak. Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun sirsak jika:

 

  • Tengah menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.
  • Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).
  • Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

Begitu pun ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan informasi mengenai keamanan dan efektivitas konsumsi daun sirsak sebagai obat herba pada ibu hamil dan menyusui belum memadai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Waspadai!!Efek Samping Daun Sirsak Yang Tidak Banyak Orang Tau | nopa | 4.5